BLOG

BLOG

Minggu, Juli 14, 2019

Pretty Little Liars: Bagaimana Cara Menjaga Rahasia ?

Siapa yang suka cerita khas anak remaja dengan sedikit bumbu misteri didalamnya seperti Gossip Girl, The Vampire Diaries, atau yang terbaru Riverdale dan Stranger Things ? Kalau kalian suka deretan drama seri ini maka kalian harus banget nonton "Pretty Little Liars". 
Ya ya ya, drama seri ini memang sudah selesai tayang tahun 2017 lalu, tapi gara-gara kemaren abis buat ulasan sitkom Friends (yang justru lebih jadul), jadi gatel juga pengen bahas drama seri ini.  Disini aku akan bahas sedikit sinopsis nya dan menceritakan karakter-karakter utamanya yang punya peranan kuat selama total 7 seasons. Mungkin sudah banyak juga ulasan tentang drama seri ini tapi whatever lah. Just check this out...

Satu malam di kota kecil bernama Rosewood, di Pennsylvania, heboh dengan berita menghilangnya salah satu remaja SMA bernama Alison DiLaurentis (Sasha Pieterse) setelah bermalam dengan keempat sahabatnya yang lain, Spencer Hastings (Troian Bellisario), Hanna Marin (Ashley Benson), Aria Montgomery (Lucy Hale) dan Emily Fields (Shay Mitchell). Hilangnya Ali meninggalkan trauma tersendiri bagi keluarga dan lingkungan sekitar, terkhusus bagi keempat sahabatnya ini.

Singkat cerita, satu tahun berlalu, Ali masih belum ditemukan dan disaat inilah justru keanehan mulai terjadi. Bermula saat Aria yang baru saja kembali dari luar negri untuk menghilangkan traumanya, mendapatkan sms yang tidak biasa. Isi sms itu berisikan rahasia Aria. Yang membuat ini menjadi aneh adalah karena rahasia ini hanya diketahui oleh Aria dan Alison. Ditambah aneh lagi karena sms itu diakhiri dengan inisial "A-". Tidak hanya Aria, Emily pun mendapatkan sms serupa yang isinya mengenai rahasia yang hanya Emily dan Alison yang tau. 
Alih-alih beranggapan bahwa Ali masih hidup, tubuh Alison justru ditemukan tidak bernyawa setelah diketahui telah dikubur satu tahun yang lalu dibelakang rumahnya sendiri. 

Ikut berduka atas kematian sahabatnya, Spencer, Hanna, Aria dan Emily pun datang ke pemakaman Ali. Setelah acara pemakaman selesai, keempatnya kemudian mendapat sms serupa di handphone masing-masing yang isinya:

"I'm still here bitches, and I know everythings. A-"

Hari-hari keempat sahabat ini pun dihantui dengan ancaman demi ancaman dari si A karena si A  ini mengetahui semua rahasia keempatnya yang rahasia tersebut harusnya hanya diketahui oleh Alison. Walaupun pada akhirnya kita akan mengetahui identitas A, tapi perjalanan untuk mengungkap identitas si penguntit ini tidaklah mudah. Tak sedikit keempat sahabat ini mencoba menebak-nebak identitas A dengan berbagai cara.

Spencer, Aria, Alison, Emily dan Hanna merupakan nyawa bagi drama seri ini. Masing-masing dari mereka punya kisahnya tersendiri yang cukup membuat kita tidak bosen dengan hanya membahas A semata. Dan ini lah karakter-karakter tersebut...

Alison Lauren DiLaurentis (Sasha Pieterse)
Alison adalah topik utama disepanjang film, karena ialah korban yang awalnya menghilang kemudian dinyatakan meninggal terkubur dibelakang rumahnya sendiri. Alison adalah anak kedua dari dua bersaudara (walaupun ditengah series kalian akan tau seberapa ribetnya silsilah keluarga mereka).

Cerita disepanjang series akan banyak mengulas masa lalu Alison. Diawal-awal kita akan dikenalkan dengan si "Bad Ali", karena selama masih sekolah di Rosewood High School, Ali terkenal merupakan siswa yang suka melakukan bully ke beberapa siswa di sekolahnya. Contoh korban abadinya adalah Mona dan Jenna. Tak heran banyak tersangka yang bisa jadi merupakan pembunuh Ali mengingat Ali memiliki banyak musuh selama masih hidup. Alison bisa dibilang merupakan ketua geng, maka Spencer, Emily, Hanna dan Aria sangat nurut kepada Ali, meskipun mereka harus terlihat buruk dimata sekolah. Karena menurut keempatnya sangatlah worth it jika mereka berteman dengan Ali dan menjadi salah satu siswi populer (biasalah ya anak SMA).

Selain merupakan pem-bully, Ali juga dikenal sebagai orang yang pintar memanipulasi orang lain, ini cukup membuatnya mudah untuk menggencet dan mengancam orang lain. Alison juga memiliki sifat pendengar yang baik, ia mampu membuat orang lain mau menceritakan rahasia mereka hanya kepadanya. Ini membuatnya mengetahui semua rahasia Spencer, Emily, Hanna dan Aria. Namun anehnya keempat sahabatnya ini justru tidak pernah mengetahui rahasia Ali sama sekali.

Setelah ia dinyatakan meninggal, banyak kejutan yang akan kita lihat disepanjang series ini, terutama pada karakter Alison yang menurut sebagian orang yang menontonnya pasti menganggap Ali masih hidup karena kematiannya sangatlah janggal.

Spencer Jill Hastings (Troian Bellisario)
Spencer Hastings merupakan salah satu siswi pintar disekolahnya. Keluarga Hastings memang terkenal memiliki riwayat yang baik secara akademis. Kedua orang tuanya adalah pengacara ulung, sementara kakaknya, Melisa, juga merupakan perempuan yang sangatlah pintar. Jadi bisa dibilang, Spencer memiliki beban yang cukup berat membawa nama Hastings dibelakangnya karena ia dituntut untuk menjadi "sempurna". Tidak hanya secara akademis, Spencer bahkan dituntut untuk pintar dari segi musik dan juga olahraga. Hal ini terkadang membuat Spencer tertekan.

Spencer tidak cukup akur dengan Melisa, yang dianggapnya terlalu sempurna dan Spencer lelah selalu dibanding-bandingkan dengan kakaknya tersebut. Melisa juga sangat tidak menyukai Spencer karena menganggap Spencer selalu mencuri perhatian cowok yang Melisa suka. Sebut saja Ian dan Wren yang pernah menjadi tunangan Melisa. Tapi memang tidak hanya cantik, kepintaran Spencer lah daya tariknya untuk dapat perhatian dari banyak pria.

Setelah Ali dinyatakan meninggal, dan keempat sahabatnya mencoba mengungkap siapa pembunuh Ali, Spencer menjadi salah satu yang paling berambisi karena sifat keturunan Hastings yang ia miliki. Meski tidak dinyatakan resmi sebagai ketua geng, namun tidak jarang Spencer menjadi jalan bagi mereka untuk mengungkap setiap misteri yang ada, itu membuatnya mendapatkan julukan "The Factor Head" bagi gengnya.

Akan ada kejutan diakhir film mengenai keluarga Spencer dan Spencer sendiri. Bisa dibilang setiap anggota keluarga Hastings memang memiliki peranan penting disepanjang seri.

Hanna Oliva Marin (Ashley Benson)
Hanna merupakan anak tunggal yang saat ini hanya tinggal dengan ibunya yang seorang pegawai bank, karena kedua orang tuanya telah berpisah. Tak heran ia dan dan ibunya sangatlah dekat karena keduanya juga saling terbuka satu sama lain.

Saat Ali masih ada, Hanna merupakan siswa yang sangat culun, bahkan ia mengidap bulimia yaitu masalah pada berat badan dan ini membuatnya menjadi sangat sedih dan malu. Hal ini ia rahasiakan dari teman-temannya kecuali Alison. Namun setelah Alison meninggal, Hanna justru bertansformasi menjadi siswi yang sangat cantik, stylish, populer, dan memiliki badan yang sangat ideal. Rambut serta penampilannya yang baru membuat ia dijuluki sebagai "The Next Alison" karena kemiripannya dengan temannya yang sudah meninggal tersebut.

Hanna merupakan kebalikan dari Spencer, Hanna tidak terlalu pandai dalam hal akademis. Hal ini terkadang menjadi hiburan tersendiri untuk penonton. Namun meski begitu, Hanna sangat tertarik dan mahir dalam hal fashion. Cita-citanya adalah menjadi designer terkenal. Meski besok ada ujian sekolah, ia lebih memilih tahan membaca Vogue ketimbang buku pelajaran haha.

Hanna juga memiliki sifat yang sangat mudah marah, jika ia sudah sangat kesal akan sesuatu maka ia tidak segan mengucapkan kekesalannya dengan bicara blak-blakan kepada seseorang bahkan sampai terkadang mengucapkan rahasia secara tidak sengaja yang justru membawa ia dan geng nya dalam masalah bahkan bahaya.

Aria Marie Montgomery (Lucy Hale)
Aria adalah salah satu karakter yang paling susah ditebak. Aria memang terkenal pandai menyimpan rahasia dari orang disekitarnya, termasuk teman dan keluarganya. Saat ia mengetahui ayahnya yang seorang dosen berselingkuh dengan seorang mahasiswi pun, ia menyimpan rahasia tersebut dari ibunya satu tahun lebih lamanya. Belum lagi kebohongan yang ia selalu simpan untuk menjaga adik laki-lakinya, Mike.

Rahasia terbesar Aria lainnya selama seri ini adalah kedekatannya dengan guru bahasa inggris di sekolahnya, Mr. Fitz atau Ezra. Karena secara etika seorang guru tidak boleh memiliki hubungan spesial dengan muridnya, mereka pun merahasiakan ini dalam waktu yang sangat lama. But you know what, Aria ini tipe yang cukup setia lho sama Ezra meskipun cinta keduanya penuh dengan rintangan.

Merahasiakan hubungannya dengan Ezra dari kedua orang tua Aria juga bukan tanpa alasan. Kedua orang tua Aria juga terkenal sangat protect terhadap Aria dan Mike. Setelah Ali dinyatakan menghilang saja, Aria yang sangat trauma saat itu langsung dibawa oleh orang tuanya ke luar negri selama satu tahun. Ia tau bahwa sang ayah akan marah besar jika mengetahui hubungannya dengan Ezra (padahal ayah Aria juga selingkuh dengan muridnya, memang egois Mr. Montgomery ini).

Memiliki badan yang imut, Aria sering disangka lemah padahal diantara ketiga temannya, Aria justru yang paling kuat dan berani. Meskipun begitu, Aria memiliki sifat yang ceroboh karena ia sering terlalu cepat mengambil keputusan tanpa dipikirkan resiko sehingga tak jarang merugikan dirinya sendiri.

Emily Catherine Fields (Shay Mitchell)
Emily adalah ia yang selalu tampil sporty didalam satu grup. Tidak seperti keempat temannya yang lain yang selalu tampil girly, Emily justru selalu tampil tomboi dengan style sport-nya. Tak heran, karena Emily merupakan atlet renang terbaik di Rosewood High School, ia adalah perenang kebanggaan sekolahnya. Bahkan Emily memiliki beasiswa untuk kuliahnya karena olahraga kegemarannya tersebut.

Meski selalu tampil sporty, nyatanya Emily adalah yang paling pemalu dan paling lugu diantara yang lain. Selain pemalu dan lugu, Emily juga memiliki sifat yang sangat baik. Ia tidak akan pernah bisa jahat atau minimal berpikiran buruk terhadap orang lain. Hal ini membuatnya sangat disayang oleh orang disekitarnya, tak terkecuali oleh orang selicik Alison. Alison bahkan bisa mengeluarkan sisi lembutnya hanya kepada Emily lho. Namun sifat baiknya ini justru sering menjadi titik kelemahan bagi Emily sendiri.

Sebagai satu-satunya orang yang bisa melihat sisi kebaikan pada diri Ali, Emily adalah salah satu dari yang paling kehilangan sosok Alison. Hal ini dikarenakan Emily memiliki perasaan khusus terhadap Alison dan tanpa sepengetahuan Emily, Alison pun selalu sayang terhadap Emily. Yah, Emily ini memang dibuat sebagai karakter lesbian. Kalian akan melihat Emily yang selalu gonta-ganti pasangan (perempuan) untuk menggantikan sosok Ali didalam hatinya. Walaupun memang tidak akan pernah ada yang bisa menggantikan sosok Alison di hati Emily.

Emily merupakan anak tunggal yang tinggal hanya bersama ibunya saja karena sang ayah yang merupakan tentara amerika sering meninggalkan Emily untuk tugas negara, meskipun begitu Emily sangat dekat dengan ayahnya. Selama seri ini, Emily lah sosok yang paling banyak kehilangan orang yang ia sayang, termasuk sang ayah.

***

Itulah tadi kelima karakter utama di drama seri Pretty Little Liars. Sebenarnya masih banyak karakter penting lainnya seperti Mona, Toby, Jason, Caleb, Jenna dan lain lain yang sangat membantu mengangkat film ini. Belum lagi porsi orang tua, adik maupun kakak dari masing-masing yang sangat punya pengaruh besar terhadap jalannya cerita.

Pretty Little Liars bisa dibilang merupakan paket lengkap, sedih, suka, duka, misteri, thriller, humor, keluarga, romance, persahabatan semuanya lengkap ada disini. Buat kamu yang belum nonton drama seri ini bisa saksikan aksi mereka di Netflix. Selamat menonton.

0 comments:

Posting Komentar