BLOG

BLOG

Minggu, Juli 07, 2019

Friends: Arti Persahabatan dalam Canda dan Tawa

Beberapa pekan yang lalu, akun instagram Courteney Cox meng-upload foto dirinya dengan Jennifer Aniston dan Lisa Kudrow yang kita ketahui bahwa ketiganya merupakan alumni dari pemain serial komedi "Friends" yang pernah eksis tahun 90an hingga awal 2000 dan bahkan bisa dibilang hingga saat ini. Tentu saja foto ini membuat banyak penggemar sitkom Friends teriak kegirangan dan mengharapkan adanya film reuni dari sitkom ini. 
Jadi ingat satu tahun yang lalu di youtube geger dengan trailer "Friends Movie (2019)" dan membuat banyak penggemar berharap jika film reuni ini akan beneran terjadi. Namun sudah dikonfirmasi bahwa trailer itu adalah hoax dan dibuat oleh salah satu penggemar. Dipertegas lagi dengan pernyataan Aniston disalah satu wawancaranya ia mengatakan, "Dengan bercanda kami mengatakan, jika Friends dibuat pada masa sekarang, kalian hanya akan melihat kedai kopi penuh dengan orang-orang yang hanya menatap handphone mereka saja. Disetiap episodenya tidak akan ada percakapan." Yah sayang banget ya, padahal mungkin jika beneran terjadi akan menjadi salah satu obat rindu.

Sebenarnya sitkom ini udah eksis lama banget tapi gara-gara upload-an Courteney Cox di instagram tadi jadi gatel pengen bahas sitkom yang kalau bisa dibilang salah satu serial komedi terbaik sepanjang masa ini. Yah hitung-hitung obat rindu lah yah mengingat trailer yang di youtube cuma hoax :(

Mungkin kalian tau How I Met Your Mother, Modern Family atau The Big Bang Theory yang merupakan deretan sitkom yang eksis saat ini. The Big Bang Theory bahkan berakhir di season 12 dan Modern Family yang saat ini masih tayang pun sudah masuk season 11 bulan september mendatang dan punya kesempatan untuk punya episode lebih banyak lagi. BUT, Friends punya tempat sendiri di hati penggemar.

Ijinkan saya untuk membahas sitkom ini walaupun kesannya sudah telat banget ya...

Friends pertama kali tayang dilayar kaca tanggal 22 September 1994 (umurku waktu itu baru 1 tahun, belum, bahkan baru 9 bulan), dan berakhir ditanggal 6 Mei 2004 dengan total 236 episode yang dibagi dalam 10 season.
Rachel Green (Jennifer Aniston) lari dari altar pernikahannya sendiri dan malah masuk ke salah satu kedai kopi di New York bernama Central Perk, lalu bertemu dengan teman masa sekolahnya dulu, Monica Geller (Courteney Cox). Disana Rachel juga berkenalan dengan sahabat-sahabat Monica yang lain seperti Phoebe Buffay (Lisa Kudrow), Joey Tribbiani (Matt LeBlanc), Chandler Bing (Matthew Perry) dan Ross Geller (David Schwimmer). Keenam nya pun menjalin persahabatan.

Dan inilah keenam karakter utamanya:

1. Rachel Karen Green (Jennifer Aniston)
Diawal kemunculannya, Rachel memasuki Central Perk dengan masih menggunakan gaun pernikahannya, ia sibuk mencari sahabat pada masa sekolahnya dulu, Monica Geller. Rachel lari dari pernikahannya sendiri, ia lari lantaran tidak mau menikah dengan Barry Farber yang berprofesi sebagai dokter gigi yang selalu dijodohkan dengan dirinya oleh kedua orang tua Rachel. 

Namun larinya Rachel dari pernikahannya ini berdampak pada dirinya yang harus hidup mandiri demi mempertanggung jawabkan perbuatannya. Selama ini Rachel dikenal sebagai anak manja yang hanya selalu bergantung kepada keluarganya dan selalu memakai kartu kredit ayahnya untuk berbelanja alias kurang mandiri, dan sekarang Rachel harus hidup mandiri dengan bekerja sebagai pelayan di Central Perk dan tinggal menumpang di apartemen Monica.
Disepanjang serial ini kita akan menemukan Rachel yang selalu berusaha mencari pacar, namun hanya Ross Geller lah mantan pacar yang akan selalu diingat Rachel dan penonton. Hubungan Rachel dan Ross pun mengalami putus nyambung disepanjang serial seiring dengan status mereka yang juga merupakan sahabat yang notabene nya akan selalu bertemu, belum lagi Ross merupakan kakak kandung dari Monica, sahabat Rachel.

Rachel Green juga dikenal sebagai salah satu perempuan yang sangat tertarik dengan dunia fashion, ia selalu bermimpi untuk bisa bekerja di bidang yang sangat ia gemari tersebut. Punya pasang surut didunia karir, Rachel akhirnya membuktikan kepada kedua orang tuanya dengan berhasil bekerja di perusahaan brand terkenal Ralph Lauren. Rachel punya sifat yang sangat lucu, gila belanja, berkeinginan keras, dan juga sangat manja.

2. Monica E. Geller (Courteney Cox)
Saat pertama kali melihat Rachel memasuki Central Perk dan tau Rachel butuh tempat tinggal, Monica menawarkan Rachel untuk tinggal dengan dirinya di apartemennya. Sejak itu juga Monica memperkenalkan sahabat-sahabatnya kepada Rachel. Monica bisa dibilang merupakan sosok induk dari geng ini, bukan cuma bersahabat dengan Rachel, Monica juga bersahabat dengan Phoebe dan Monica juga merupakan adik dari Ross yang juga bersahabat dengan Joey dan Chandler.

Monica merupakan koki yang selalu menyajikan makanan di apartemennya yang juga merupakan salah satu basecamp bagi mereka berenam. Kegemarannya dalam memasak membuat Monica selalu bercita-cita menjadi kepala chef disalah satu restoran terkenal. 
Sama seperti Rachel, Monica pun silih berganti memacari beberapa pria, namun satu yang menjadi hubungan seriusnya adalah dengan Richard Burke yang merupakan dokter keluarga Geller yang usianya 21 tahun lebih tua dari dirinya. Namun keinginan Monica untuk memiliki anak, tidak sejalan dengan pemikiran Richard yang sudah merasa tua untuk memiliki anak dan hubungan keduanya pun kandas. Selepas dari Richard, diluar dugaan ternyata Monica dan Chandler memulai hubungan mereka setelah keduanya melewati malam di London saat pernikahan Ross.

Monica memiliki sifat yang sangat kompetitif, ia adalah sosok yang sangat tidak mau mengalah dan selalu menganggap semua hal adalah kompetisi. Selain itu ia juga memiliki sifat pemimpin, sangat perfectionist dan cinta kebersihan, kalau bisa dibilang "gila kebersihan". Ia akan tau dan sangat marah besar jika ada barang di apartemennya yang pindah posisi dan tidak sesuai keinginannya.

3. Phoebe Buffay (Lisa Kudrow)
Phoebe memiliki latar belakang yang paling menyedihkan diantara sahabatnya yang lain. Semasa kecil, Phoebe tinggal bersama ibunya di pinggiran kota New York dengan hidup pas-pasan. Selepas ibunya memutuskan untuk bunuh diri karena kecanduan obat, Phoebe pun tinggal dijalanan dengan ngamen sana-sini membawakan lagu buatannya sendiri dengan gitarnya. Saat ini Phoebe tinggal bersama neneknya, sebelum akhirnya neneknya juga meninggal dunia. Masa lalunya inilah yang membuat Phoebe tumbuh menjadi sosok yang sangat mandiri (kebalikan dari Rachel lah). 

Selama serial juga kita akan disajikan dengan perjuangan Phoebe yang mencari sosok ayahnya yang telah meninggalkan ia dari kecil. Belum lagi saudara kembar identik Phoebe yakni Ursula Buffay yang sangat tidak membantu karena memiliki sifat yang sangat acuh terhadap keluarga.
Kecintaannya pada seni juga selalu akan kita lihat disepanjang serial ini. Phoebe merupakan penyanyi serabutan di Central Perk dan selalu membawakan lagu-lagu ciptaannya sendiri yang terdengar aneh. Salah satu single hits yang juga pasti diingat oleh semua penggemar Friends, adalah single-nya yang berjudul "Smelly Cat". Selain bernyanyi di Central Perk, Phoebe juga merupakan seorang tukang pijat. Pekerjaannya tersebut selalu membuatnya disalah artikan oleh orang lain.

Phoebe memiliki karakter yang paling unik diantara yang lain, ia bahkan masih percaya dengan hal-hal supranatural. Karakter uniknya juga didorong dengan pakaiannya yang selalu terlihat nyentrik diantara yang lain. Selain itu Phoebe juga merupakan seorang vegetarian. Dengan sifat hippy-nya, karakter Phoebe memiliki warna tersendiri di serial ini. Meski aneh, namun Phoebe memiliki sifat yang sangat bersahabat dan merupakan pejuang yang tangguh, tak jarang ia merupakan penengah bagi sahabat-sahabatnya yang sedang bertengkar atau berdebat. 

4. Joseph Francis "Joey" Tribbiani Jr. (Matt LeBlanc)
Joey adalah pria keturunan italia yang memiliki banyak saudara perempuan. Ia adalah teman sekamar Chandler yang kamar apartemennya bersebrangan dengan kamar apartemen Rachel dan Monica. Diantara yang lain, Joey memang karakter yang memiliki perawakan menarik, tak heran ia gampang dalam menaklukan hati wanita. Belum lagi dengan jagronnya "How you doin' ?" yang selalu ia katakan setiap kali bertemu dengan wanita sexy. Meski merupakan seorang womanizer, Joey memiliki kesulitan dalam menjalani hubungan serius.

Joey memiliki ambisi besar untuk menjadi seorang aktor terkenal. Namun setiap kali ada kesempatan untuk ikut kasting, Joey selalu saja mengacaukannya dan membuatnya gagal mendapatkan peran. Satu peran yang akhirnya berhasil ia dapatkan dan selalu menjadi kebanggaannya adalah perannya sebagai Dr. Drake Ramoray dalam opera sabun Days of Our Lives. Setelah kontrakya habis dengan Days of Our Lives, Joey kembali kesulitan mendapatkan peran sehingga dirinya sering mengalami kesulitan dalam hal ekonomi. 
Joey juga merupakan pecinta makanan nomor satu di dunia. Bahkan bekas makanan orang lain pun tak sungkan ia makan. Joey juga memiliki pengetahuan yang bisa dibilang kurang diantara yang lain,  untuk pengetahuan umum pun terkadang ia tidak tahu dan itu cukup membuat hiburan tersendiri disepanjang serial ini.

Meski kurang pintar dan cenderung ceroboh, Joey merupakan sahabat yang sangat baik. Ia rela melakukan apapun demi sahabatnya yang lain. Contohnya saat Rachel diganggu oleh tetangganya, Joey tak segan langsung melabrak orang tersebut. Selain itu, Joey juga sangat peduli, terutama kepada wanita.

5. Chandler Muriel Bing (Matthew Perry)
Chandler merupakan teman sekamar sekaligus sahabat Joey. Chandler juga merupakan sahabat baik dan teman sekamar semasa kuliahnya Ross. Diantara yang lain, Chandler memiliki selera humor yang sangat baik. Ia terkenal dengan humornya yang khas yakni sarkasme. Ia tidak akan bisa menahan dirinya untuk tidak menertawakan orang lain dengan candaannya. Hal ini membuatnya menjadi orang yang susah memberi nasihat kepada orang lain dan cenderung suka keceplosan saat berbicara.

Meski memiliki sifat yang sangat lucu dan penuh humor, Chandler punya masalah dengan kedua orang tuanya yang telah bercerai dari ia masih kecil. Ayahnya adalah seorang gay, dan ibunya adalah penulis buku erotis. Sedari kecil, Chandler jarang berjumpa dengan orang tuanya karena keduanya sibuk bekerja.
Dalam urusan karir, Chandler adalah yang paling beruntung diantara yang lain. Meski tidak terlalu pintar dan cenderung humoris, Chandler punya pekerjaan yang sangat baik. Ia adalah seorang analis statistik dan data untuk salah satu perusahaan besar di New York. Walaupun sesungguhnya ia sangat tidak suka dengan pekerjaannya karena cita-cita sesungguhnya adalah sebagai penulis humor. Namun lucunya, sahabatnya yang lain tidak benar-benar tahu apa pekerjaan Chandler.

Sulit mendapatkan hubungan yang serius, Chandler sempat memiliki hubungan dengan seorang wanita eksentrik bernama Janice. Meski hubungan mereka sempat putus nyambung, namun akhirnya Chandler justru jatuh cinta kepada Monica. Hubungan keduanya juga bisa dibilang cukup serius diakhir-akhir season.

6. Ross Eustace Geller (David Schwimmer)
Seakan menjadi sebuah takdir alam, Ross yang baru saja menceritakan perceraiannya dengan mantan istrinya yang baru saja ia ketahui adalah seorang lesbian, ia melihat kembali cinta pertamanya, Rachel, masuk Central Perk dengan mengenakkan gaun pernikahan. Sudah sepuluh tahun lamanya, Ross menyimpan perasaan kepada sahabat adiknya tersebut.

Menerima kenyataan bahwa Rachel hadir kembali di kehidupannya, Ross dan Rachel akhirnya sempat memiliki hubungan yang serius sebelum akhirnya hubungan mereka mengalami putus sambung disepanjang serial. Walaupun Ross sempat bertemu dengan Emily dan sempat dinikahinya, nyatanya Ross belum benar-benar melupakan Rachel. Bahkan alasan Emily menceraikan Ross adalah karena Ross mengucapkan nama Rachel saat di altar dan bukan dirinya. Definisi stupid, Ross.
Tidak cukup dengan 2 kali perceraian, Ross kembali bercerai dan kali ini dengan Rachel akibat pernikahan keduanya yang tidak direncanakan karena keduanya sedang mabuk berat di Las Vegas. Mengalami 3 kali perceraian yang dianggap sangat tidak lazim, membuat Ross sering mendapat serangan bully dari sahabat-sahabatnya.

Meski sangat tragis dalam hal percintaan, Ross merupakan seorang yang sangat pintar. Ia adalah seorang paleontologis. Hal ini terkadang membuat dirinya memiliki sifat yang selalu ingin merasa benar sendiri. Ia juga memiliki sifat yang sangat kompetitif seperti adiknya, Monica. Tidak jarang pertengkaran khas adik kakak yang dipertontonkan keduanya menjadi hiburan tersendiri.

***

Dan itulah tadi keenam nyawa serial Friends yang masing-masingnya memiliki karateristik masing-masing. Terhitung dari season 1 hingga 10 keenamnya selalu hadir di tiap episode dan selalu memiliki cerita baru yang segar dan tidak membosankan. Tentu dengan humor humor sederhana yang gampang dicerna. Chemistry yang diciptakan keenamnya juga sangat luar biasa dan sangat melekat pada keenamnya. Siapa sih yang bisa melupakan sosok Joey Tribbiani saat melihat Matt LeBlanc saat ini ? Rasanya pengen ikutan ngomong "How you doin' ?" sambil nunjukin muka menggoda ala Joey.
Film ini juga mengajarkan kita banyak hal didalam sebuah persahabatan. Bahkan tak jarang mereka merelakan sesuatu demi sahabatnya sendiri. Belum lagi kalau ada adegan-adegan sendu, kita juga akan ikut merasakan kesedihan keenam sahabat ini.

Sekarang kita sudah tidak bisa melihat aksi kocak mereka berenam lagi karena seri ini sesungguhnya sudah berakhir 15 tahun yang lalu haha. Namun buat kalian para kaum milenial yang cuma denger denger doang tapi belum pernah nonton serial ini, kalian bisa saksikan sitkom ini di netflix lho.

0 comments:

Posting Komentar