BLOG

BLOG

Minggu, Januari 10, 2016

Top 3 MVP NFL 2015 Candidates

Who will be in the race for MVP at the NFL Honors in February ?


MVP atau Most Valuable Player adalah penghargaan yang didedikasikan untuk para pemain yang dianggap sangat berharga untuk sebuah tim. National Football League atau liga sepakbola Amerika akan segera mengumumkan siapa pemenang MVP februari mendatang. Beberapa nama gencar diberitakan akan memenangkan penghargaan ini dan seperti biasa, nama quarterback mendominasi daftar para kandidat.

Bisa dibilang bahwa pemenang MVP pada NFL rata-rata adalah seorang quarterback (QB), memang tak semua tapi hampir sebagian pasti seperti itu. Tahun lalu saja nama Aaron Rodger berada di posisi teratas untuk pemain terbaik NFL. Quarterback dari Green Bay Packers ini dinilai bermain sangat baik dari waktu ke waktu. Ini adalah penghargaan kedua untuknya setelah sebelumnya ia pernah meraih MVP award di tahun 2011.

Sedikit info, menurut data dari wikipedia menyatakan bahwa posisi yang paling banyak memenangkan MVP awards adalah posisi quarterback. Hingga tahun 2014, total sudah ada 37 pemain quarterback yang pernah memenangkan penghargaan yang dimulai sejak tahun 1957 ini. Dan quarterback asal Broncos, Peyton Manning lah, pemain yang paling banyak memenangkan penghargaan yakni sebanyak lima kali (2003, 2004, 2008, 2009 dan 2013).

Tahun ini ada beberapa nama  pemain quarterback yang merajai daftar kandidat. Situs resmi NFL telah merilis nama-nama calon kuat pemenang MVP award pada akhir Desember lalu. Namun disini saya merangkumnya menjadi tiga kandidat terkuatnya. Nama-nama berikut tak hanya menjadi kandidat kuat situs NFL saja tapi juga merajai dibeberapa situs penggemar NFL lainnya.

1. Cam Newton, QB, Carolina Panthers

By numbers: 58.4% tingkat penyelesaian; 2.797 passing yards; 7.5 yard per-upaya.

Awalnya nama Cam Newton mungkin hanya menduki posisi ketiga atau kedua calon kandidat kuat pemenang MVP. Namun ketika semua sibuk membicarakan Tom Brady diposisi puncak, Newton berhasil membalap dan melebihi ekspektasi semua orang di tahun ini. Kapten bagi Panthers ini mampu membuat drama dengan passing-passing nya yang sangat akurat untuk para Wide Receivers maupun Tight End bahkan diwaktu yang sangat sempit. Kini Panthers berhasil keluar sebagai pemuncak NFC dan sedang menunggu lawannya di Playoff. Keberhasilan Panthers musim ini tak jauh dari aksi gemilang pemain bernomor 1 ini. He's running, he's passing, he play like in the freedom.

2. Tom Brady, QB, New England Patriots

By numbers: 63.7% tingkat penyelesaian; 3.912 passing yards; 7.7 yard per-upaya.

Sulit untuk mengkritik pria berusia 38 tahun ini. Bermain sejak tahun 2000 bagi New England Patriots, Brady berhasil melejit menjadi ikon penting bagi Patriots. Brady menyatakan jika awal musim ini dia adalah quarterback yang lebih baik dari pada lima tahun belakangan. Bukan bermaksud melebih-lebihkan tapi Brady terasa lebih lincah dan gesit serta tak pernah kehilangan bola cepatnya. Meski pada week ke-17 Patriots takluk dari Dolphins, Patriots tetap melaju ke babak Playoff. Bahkan Patriots berhasil keluar sebagai pemenang kedua babak divisi dan akan bertanding melawan Kansas City Chiefs di babak perempat final 17 Januari mendatang. Brady pun menatap Super Bowl yang semakin dekat dan berharap dapat menyabet gelar tersebut.

3. Carson Palmer, QB, Arizona Cardinals

By numbers: 63.9% tingkat penyelesaian; 3.693 passing yards; 8.8 yard per-upaya.

Sangat beruntung bagi Arizona memiliki pemain quarterback seperti Palmer. Bahkan sang general manajer, Steve Keim mengungkapkan bahwa Palmer adalah MVP terbaik yang pernah ada dalam sejarah Arizona Cardinals dan dia adalah salah satu yang terbaik. Musim ini penampilan Palmer sangat luar biasa dan berhasil membawa Cardinals menjadi pemimpin divisi barat NFC dan sedang duduk manis menunggu sang lawan di kursi perempat final. Menjadi salah satu kandidat kuat pemenang MVP dan bersaing dengan Newton dan Brady adalah sebuah kehormatan untuk dirinya.


Nah kurang lebih itulah para kandidat kuat pemenang MVP untuk tahun 2015. Banyak yang menjagokan Newton sebagai yang paling depan tapi kita lihat saja nanti. 


Untuk honorable mention yang tidak masuk top 3, saya pilih J.J Watt dan Aaron Rodger. Nama Aaron Rodger sebenarnya masih kuat. Pemenang MVP tahun lalu ini bisa saja meneruskan nasip baiknya namun musim ini namanya tergeser oleh Newton dan Palmer, musim ini mungkin masih kurang baik untuknya. Sementara itu J.J Watt bisa jadi warna pembeda untuk menghiasi para quarterback. Watt yang bermain pada posisi Defensive End ini tampil sangat luar biasa bersama Texans. Walaupun usianya masih muda tapi Watt mampu menjadi salah satu pemain yang populer dan terus menjadi perbincangan hangat sepanjang musim ini.

0 comments:

Posting Komentar