BLOG

BLOG

Jumat, Maret 16, 2012

Warisan Budaya Indonesia

KATA PENGANTAR

Puji syukur saya panjatkan untuk Allah SWT, karena berkat rahmatNya saya dapat menyelesaikan makalah ini sehubungan dengan tugas makalah untuk mata kuliah Ilmu Budaya Dasar. Makalah ini berisi tentang apa itu kebudayaan? Apakah kebudayaan masih terjaga hingga saat ini? Bagaimana cara menjaga kebudayaan agar tetap terjaga kelestariannya?

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Budaya mungkin adalah kata yang tidak bisa lepas dari suatu negara, khususnya Indonesia yang memang kental akan kebudayaannya. Indonesia adalah negara berkepulauan yang terdiri dari banyak suku bangsa, yang setiap pulau memiliki keanekaragaman budaya masing-masing. Itu adalah bukti bahwa Indonesia kaya akan budaya.
Kebudayaan merupakan suatu kekayaan yang tidak ternilai lagi harganya. Selain merupakan ciri khas dari suatu daerah, kebudayaan juga merupakan lambang dari kepribadian suatu bangsa.
Karena kebudayaan merupakan ciri dari suatu bangsa, maka kita sebagai warga negara harus dapat melindungi dan menjaga kebudayaan agar tidak mudah diambil oleh negara lain. Atau agar dapat terjaga terus kebudayaannya supaya tidak punah/hilang nantinya. Karena kebudayaan adalah warisan negara.

B. Tujuan Penulisan
Penulisan makalah ini bertujuan agar kita sebagai warga negara indonesia sadar akan kekayaan yang dimiliki Indonesia, dan betapa pentingnya menjaga itu semua.

PEMBAHASAN

Di dunia ini terdapat banyak sekali seni budaya, ada seni lukis, seni tari, teater, drama musikal dan masih banyak lagi. Dari sekian banayk seni budaya di dunia ini, Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan seni budayanya. Pakaian adat, bahasa, tarian, alat musik, di setiap provinsi di Indonesia memiliki khasnya masing-masing. Seperti contohnya Jaipong. Jaipong merupakan tarian tradisional yang berasal dari Jawa Barat, yang biasanya menampilkan penari dengan menggunakan pakaian khas Jawa Barat yaitu kebaya serta diiringi lagu khas Jawa Barat yang disebut juga musik jaipong. Jaipong ini biasanya dimainkan oleh salah satu orang atau sekelompok orang yang menarikan gerakan-gerakan khas jaipong.
Lalu ada wayang. Wayang merupakan seni yang merupakan asli dari Indonesia. Wayang adalah kesenian tradisional yang menampilkan sebuah boneka kayu atau boneka yang berbentuk dua dimensi yang dihiasi sesuai dengan peran dia dalam sebuah cerita. Wayang biasanya menampilkan sebuah cerita tradisional yang sudah ada sejak lama dan menjadi warisan negara Indonesia.
Batik adalah warisan budaya selanjutnya dari Indonesia. Batik berasal dari penjuru Indonesia, ada batik dari Kalimantan, Sumatra, Jawa, dan lain-lain. Keberadaan batik di Indonesia jelas menjadi salah satu kebanggaan bangsa Indonesia, namun pamor batik sempat menghilang seiring perkembangan jaman. Nama batik sudah jarang didengar, jarang terpakai, sehingga menjadi jarang terpublish sebagai warisan negara Indonesia. 
Namun mengapa nama batik secara tiba-tiba muncul sebagai budaya dari negara lain? Mengapa kita lengah dengan ini? Kenapa budaya yang asli Indonesia bisa diambil negara tetangga. Sudah bukan rahasia lagi jika Indonesia sering bersitegang dengan Malaysia. Secara kebudayaan dua negara ini memang tidak beda jauh atau bahkan jika ada negara lain datang ke Indonesia mereka tidak bisa membedakan mana yang dari Indonesia dan mana yang dari Malaysia. Sedikit cerita, ada salah satu band dari Amerika yang datang ke Indonesia untuk menggelar suatu konser, ketika mereka ingin makan siang mereka memilih untuk makan nasi goreng, namun ada salah satu member band tersebut yang bilang "Nasi goreng adalah makanan yang enak, namun saya bingung sebab saya menemukan makanan ini juga di malaysia. Jadi sebenarnya ini makanan dari indonesia or malaysia?" Ada salah satu iklan pariwisata asal malaysia yang menampilkan Reog sebagai budaya mereka. Tidak hanya reog namun juga batik. Jika malaysia saja dengan bangganya menampilkan iklan dengan unsur budaya yang mereka curi, kenapa negara kita sendiri yang memiliki budaya tersebut tidak bisa. Ketika kita mendengar ini tentu kita akan bilang "Ini dari Indonesia, sejak dulu ini sudah ada di Indonesia. Ini punya kita"
Namun sadarkah bahwa ini kesalahan kita, kita terlalu lengah, tidak bisa menjaga kebudayaan sendiri. Kenapa harus menunggu untuk dicuri dulu baru kita mengakui, jelas batik sudah ada sejak lama di Indonesia, namun kita yang terlalu membiarkan warisan tersebut dicuri negara lain. Ini menjadi pelajaran buat kita bahwa betapa pentingnya sebuah kebudayaan. Betapa berharganya sebuah warisan budaya. Kita sebagai warga negaranya tentu harus menjaga dan melestarikan kebudayaan. 

PENUTUP

A. Kesimpulan
Dari makalah ini kita dapat menarik kesimpulan bahwa betapa pentingnya suatu kebudayaan. Kebudayaan adalah warisan negara yang harus dijaga kelestariannya. Sehingga tidak mudah untuk dicuri oleh negara lain. 

B. Saran
Dengan terselesaikannya makalah ini, tentu kita semua berharap agar kebudayaan indonesia tetap terjaga kelestariannya. Bahkan dapat menembus internasional atas nama Indonesia. Namun bagaimana caranya itu tergantung dari diri kita masing-masing. Kita harus terus menjaga warisan bangsa ini. Bangga akan Indonesia. Proud to be an INDONESIA.

Reactions:

0 comments:

Poskan Komentar