BLOG

BLOG

Jumat, Maret 23, 2012

Indonesia dalam Kepribadian Bangsa Timur

KATA PENGANTAR

Saya panjatkan puji syukur kepada Allah SWT karena berkat RahmatNya saya dapat menyelesaikan makalah ini. Dalam tugas Ilmu Budaya Dasar kali ini saya akan membahas tentang Indonesia sebagai negara yang memiliki kepribadian bangsa timur, dengan harapan agar kita mengetahui mengapa Indonesia memiliki kepribadian bangsa timur.

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Pada tugas Ilmu Budaya Dasar kali ini saya akan mengambil tema Indonesia dalam kepribadian bangsa timur. Seperti yang kita ketahui bahwa Benua Asia sangat identik dengan budaya timur, seperti Cina, Jepang, Malaysia, bahkan Indonesia. 
Indonesia disebut sebagai negara dengan kepribadian bangsa timur, tidak hanya letak negara Indonesia yang berasa di Benua Asia yang mayoritas memiliki budaya timur, tapi juga karena bangsa Indonesia yang memiliki kepribadian yang ramah dan sopan kepada sesama, bahkan penduduk Indonesia memiliki sifat yang ramah terhadap warga asing yang berlibur atau menetap di Indonesia. Itulah mengapa warga asing senang dan betah berada di Indonesia. Dan tema ini lah yang akan kita bahas pada makalah ini.

B. Tujuan Penulisan
  • Untuk mengetahui mengapa Indonesia disebut sebagai negara dengan kepribadian seperti bangsa Timur
  • Agar kita sebagai warga negara yang menetap dan tinggal di Indonesia menyadari hal tersebut.
  • Untuk memicu warga negara Indonesia untuk terus maju dan meningkatkan nama Indonesia


PEMBAHASAN

Indonesia sebagai negara berkepribadian bangsa timur, dan berikut adalah beberapa faktor yang bisa menerangkan lebih terperinci tentang Indonesia dalan kepribadfian bangsa timur.

a.) Bangsa Timur yang ramah dengan warga negara asing.

Ini adalah faktor pertama mengapa Indonesia yang selalu bercermin pada bangsa timur. Bangsa timur yang memiliki sifat ramah kepada sesama dan ramah terhadap warga asing membuat Indonesia digemari dan dipilih sebagai tempat berwisata bagi warga negara asing. Itu juga alasan mengapa orang luar tidak takut atau tidak canggung berbincang-bincang kepada warga negara kita.

b.) Bangsa Timur yang peduli kepada sesama.

Ini merupakan faktor kedua yang membuat Indonesia memiliki sifat seperti bangsa Timur. Peduli terhadap sesama adalah hal yang selalu ditanamkan pada setiap diri, khususnya ditanamkan kepada bangsa timur. Karena membantu sesama adalah sebuah keharusan, maka sebagai bangsa timur mereka tidak membanding-bandingkan dalam memberikan simpati, bahkan dengan warga asing yang tidak kita kenal sebelumnya. Ini berbanding terbalik dengan kepribadian bangsa barat yang cenderung bermain egois dalam bermasyarakat, dan bersifat individualis.

c.) Budaya timur yang menomor satukan sopan santun.

Dan ini merupakan faktor ketiga mengapa Indonesia identik dengan bangsa Timur. Bangsa timur yang memiliki sifat sopan santun membuat Indonesia cenderung sopan terhadap siapa saja bahkan kepada warga asing sekalipun ini adalah nilai plus bagi Indonesia. Jika dibandingkan dengan negara barat yang kurang akan tata cara sopan santun.

PENUTUP

A. Kesimpulan

Dari makalahh ini kita dapat mengambil kesimpulan bahwa Indonesia disebut negara dengan kepribadian bangsa timur karena Indonesia yang memiliki sifat seperti bangsa timur yaitu sifat baik, sopan santun, ramah terhadap warga asing. Kita tentunya harus terus menjaga citra atau nama baik Indonesia dan demi nama baik Indonesia di mata dunia.

B. Saran

Sebagai warga negara Indonesia yang baik, Indonesia telah memiliki kepribadian yang tidak jauh dari kepribadian bangsa timur yang merupakan citra baik untuk bangsa Indonesia sendiri. Dan kita sebagai warga negaranya harus terus mempertahankan citra tersebut agar nama Indonesia terus baik di mata dunia.

0 comments:

Posting Komentar