BLOG

BLOG

Sabtu, Maret 31, 2012

Definisi Cinta Kasih~

Cinta kasih adalah sebuah emosi dari kasih sayang yang kuat dan ketertarikan pribadi. Dalam filosofi cinta merupakan sifat baik yang mewarisi semua kebaikan, perasaan belas kasih dan kasih sayang. Pendapat lainnya, cinta adalah sebuah aksi atau kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, memberikan kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apapun yang diinginkan objek tersebut. Pendapat lain dari pengertian cinta, cinta adalah perasaan yang timbul dimana adanya keinginan untuk saling mengerti dan memahami. Cinta  merupakan anugerah terindah dari tuhan karena melalui cinta kita dapat merasakan keajaiban akan kehidupan mulai dari bahagia,sedih,sakit,menderita dll. 
Tentu saja cinta muncul karena adanya kasih sayang yang timbul. Kasih sayang itu juga akan timbul karena adanya ikatan kepada satu makhluk dengan makhluk lainnya, itu sebabnya kita harus saling menjaga hubungan baik kepada sesama maupun kepada Tuhan. Bagaimana cara menjaga hubungan baik kepada sesama? Salah satunya adalah dalam dunia kerja, sebagai contoh adalah dalam dunia Teknik. Tidak ada manusia yang dapat hidup sendiri, begitu pula dalam dunia teknik. Seperti seorang programer yang memerlukan bantuan orang elektro untuk dapat membuat sebuah program dalam bentuk robot. 
Itu adalah contoh kecilnya mengapa kita harus tetap menjaga cinta kasih kepada sesama. Dan masih ada beberapa contoh Cinta kasih kepada saudara, seasama, Tuhan, dan juga kepada diri sendiri.


1. Cinta Kasih Persaudaraan

Cinta persaudaraan adalah rasa cinta menjadi satu identitas yang melekat dalam kehidupan para mahluk-Nya. Cinta persaudaraan diwujudkan manusia dalam tingkahlaku atau perbuatannya.Cinta persaudaraan tidak mengenal adanya batas-batas manusia yang berdasarkan suku bangsa, bangsa, ataupun agama. Dalam cinta mi semua manusia sama,yaitu sebagai makhluk ciptaan Tuhan. Karena kita semua ini sama dimata Tuhan, kita semua adalah ciptaan-Nya.



2. Cinta Kasih Kepada Tuhan

Cinta kepada tuhan adalah rasa cinta yang harus dimiliki setiap manusia, sudah seharusnya setiap manusia untuk memeluk satu agam sebagai sebuah kepercayaan. Cinta kepada Tuhan harus melebihi cinta seseorang terhadap apapun yang ada di dunia ini. Maka setiap manusia harus melakukan apa-apa saja yang sudah diperintahkan oleh Tuhan untuk dijalankan dan menjauhi larangan-Nya.


3. Cinta Kasih Terhadap Diri Sendiri


Cinta kepada diri sendiri adalah wujud kasih sayang kepada diri sendiri yang dimiliki setiap individu. Cinta kasih ini dapat diwujudkan dengan menjaga kesehatan tubuh. Contohnya seperti makan makanan yang bergizi, berolahraga, istirahat yang cukup, tidak merokok maupun tidak minum alkohol, dan menjauhkan diri dari narkoba. Itu semua dilakukan setiap manusia senantiasa karena mereka menumbuhkan rasa cinta kasih kepada diri sendiri agar tetap fit dan dapat menjalankan aktivitas.




4. Cinta Kasih kepada sesama Makhluk Hidup


Cinta kepada sesama makhluk hidup adalah salah satu wujud bahwa kita sebagai makhluk hidup layaknya tidak bisa hidup sendiri. Kita hidup di dunia ini memerlukan bantuan orang lain. Itulah mengapa sebuah solidaritas itu sangat dibutuhkan. Begitupula didalam pekerjaan, apapun pekerjaan kita, sebagaimanapun kita bisa melakukan pekerjaan itu pastilah kita butuh bantuan rang lain. Salah satunya adalah dalam dunia Teknik. Sebagai contohnya jika kita ingin membuat program untuk menciptakan sesuatu, kita butuh beberapa divisi agar program tersebut dapat berjalan. Itulah sebabnya kita harus menanamkan sifat cinta kasing kepada sesama makhluk hidup.

0 comments:

Posting Komentar