BLOG

BLOG

Jumat, Mei 18, 2012

Manusia dan Tanggung Jawab


Tanggung Jawab


A. Pengertian Tanggung Jawab
Tanggung jawab adalah kesadaran setiap manusia dengan apa yang telah dia perbuat, baik itu perbuatan terpuji maupun tercela, yang berarti ini sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibannya. Didalam kamus bahasa Indonesia pengertian dari tanggung jawab ialah keadaan wajib menanggung sesuatu, yakni memikul atas akibat dari apa-apa saja yang telah diperbuat.
Rasa tangung jawab inimuncul karena manusia hidup bermasyarakat, dengan hidup bersosialisasi maka kesadaran manusia untuk pentingnya bertanggung jawab akan muncul. Tanggung jawab semata-mata untuk menciptakan keselarasan, perdamainan, dan keseimbangan dalam bersosialisasi. Bertanggung jawab merupakan sebuah keharusan mengngat betapa pentingnya sebuah tanggung jawab.

B. Jenis-jenis Tanggung Jawab beserta Contohnya masing-masing

1. Tanggung jawab kepada diri sendiri

Bertanggung jawab kepada diri sendiri merupakan awal muali seorang manusia belajar bertanggung jawab, biasanya seorang ibu akan mengajarkan anaknya untuk dapat bertanggung jawab dengan dirinya sendiri sebelum nantinya belajar bertanggung jawab dengan lingkungan sekitar. Dengan dapat bertanggung jawap kepada diri sendiri dapat mengembangkan kepribadian yang baik.

Contoh:
Bila kita ingin bangun dipagi hari dengan tujuan baik seperti Solat subuh dan belajar maka pada malam harinya kita berniat untuk apat bangun pagi. Dengan niat tersebut berarti kita telah membuat sebuah janji kepada diri sendiri dan berusaha bangun keesoan paginya, dengan begitu kita sudah bertanggung jawab kepada diri sendiri.

2. Bertanggung Jawab kepada Keluarga

Bertanggung jawab dengan keluarga adalah tahap kedua untuk kita dapat belajar bertanggung jawab. Bertanggung jawab terhadap keluarga dapat diwujudkan dengan menjaga nama baik keluarga ke masyarakat. Namun tidak hanya itu, betanggung jawab kepada keluarga juga berarti kita bertanggung jawab atas kesejahteraan, keselamatan, dan kesehatan keluarga.

Contoh:
Misal sebagai contoh ada seorang ibu yang telah memiliki anak kemudian istri tersebut ditinggal meninggal oleh sang suami. Maka sebagai single parent, ibu tersebuat harus dapat menghidupi anaknya agar dapat terus melanjutkan hidup, ibu ini harus bekerja agar dapat memberi makan anaknya, menyekolahkan anaknya. Hal tersebut merupakan perwujudan dari rasa tanggung jawab seorang ibi sebagai single parent untuk menghidupi anaknya dengan merangkap menjadi figur seorang ayah sekaligus ibu.

3. Bertanggung Jawab kepada Masyarakat.

Bertanggung jawab kepada masyarakat merupakan sebuah perwujudan dari sifat manusia yang tidak dapat hidup sendiri, sehingga harus bersosialisasi dan hidup bermasyarakat, tentunya dengan menumbuhkan sifat baik dan peduli kepada sesama.

Contoh:
Didalam hidup bermasyarakat sangat penting untuk ikut serta dalam kegiatan kerja bakti. Contohnya ada seorang bapak yang tinggal disuatu komplek, suatu hari tepatnya pada hari minggu pagi semua tetangganya berkumpul diluar untuk ikut dalah kegiatan kerja bakti, maka bapak ini pun keluar rumah dan ikut serata dalam kegiatan tersebut, dengan begini maka bapak tersebut telah melakukan tanggung jawabnya di dalam bermasyarakat.

4. Bertanggung Jawab kepada Negara/Bangsa

Bertanggung jawab dengan negara merupakan sebuah rasa cinta tanah air, sebagai seorang warga negara yang menempati wilayah tertentu sudah seharusnya kita dapat bertanggung jawab dengan negara tersebut. Tanggung jawab kepada Bangsa / Negara, yaitu suatu kenyataan lagi, bahwa tiap manusia, tiap individu adalah warga negara suatu negara. Dalam berpikir, berbuat, bertindak, bertingkah laku manusia terikat oleh norma-norma atau ukuran-ukuran yang dibuat oleh negara.

Contoh:
Ada seorang remaja yang ingin membeli sesuatu untuk kepuasan dirinya, karena dia tidak punya uang maka ia memutuskan untuk mencuri motor. Setah dia berhasil mencuri motor secara tiba-tiba ulahnya ini ketahuan oleh warga setewmpat maka dengan sigap remaja tersebut langsung dibawa kepolisi, setelah dilakukan persiangan, remaja tersebut mendapat hukuman 3 tahun penjara. Maka sebagai warga negara yang menaati hukum remaa tersebut pun dipenjara selama 3 tahu. Dengan menaati hukum yang berlaku disebuah negara merupakan salah satu contoh perwujudan tanggung jawab kepada sebuah negara.

5. Tanggung Jawab kepada Tuhan Yang Maha Esa

Sebagai makhluk ciptaan-Nya maka sudah seharusnya kita bertanggung jawab kepada-Nya. Banya cara yang dapat kita lakukan sebagai wujud rasa tanggung jawab kepada Tuhan yaotu dengan menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.

Contoh:
Contoh yang dapat kita lakukan sebagai wujud rasa tanggung jawab yaitu dengan beribadah kepada-Nya, dengan begitu ita sudah melakukan tnaggung jawab kepada Tuhan.

Pengabdian dan Pengorbanan

A. Pengertian Pengabdian

Pengabdian merupakan suatu perbuatan baik atas suatu pengorbanan terhadapsesuatu yang dianggapnya baik juga untuk sesama. Pengabdian juga dapat diartikan sebagai Perbuatan baik yang berupa pikiran, pendapat ataupun tenaga sebagai perwujudan kesetiaan, cinta, kasih sayang, hormat, atau satu ikatan dan semua itu dilakukan dengan ikhlas.

B. Macam-macamPengabdian

1. Pengabdian terhadap Tuhan Yang Maha Esa yaitu penyerahan diri secara penuh terhadap Tuhan dan merupakan perwujudan tanggung jawab yang diikuti oleh pengorbanan. Misalnya : shalat,zakat,puasa.

2. Pengabdian kepada Masyarakat, karena manusia hidup dan dibesarkan di dalam masyarakat sehingga pengabdian dan pengorbanan sebagai perwujudan tanggung jawab terhadap masyarakat.

3. Pengabdian Kepada Negara, pengabdian yang timbul karena seseorang merasa ikut bertanggung jawab terhadap kelestarian negara dan demi persatuan dan kesatuan bangsa.

C. Contoh Pengabdian dalam kehidupan sehari-hari

Seorang suami istri yang harus menghidupi anak-amakmya degam cara mencari pekerjaan yang halal. Keduanya bekerja menjadi seorang guru. Kedua orang tua tersebut banting tulang untuk dapat menghidupi keluarganya. Keduanya bertahan menjadi seorang guru untuk mengabdi kepada anaknya agar suatu hari nanti anak mereka akan dapat merasakan kehidupan yang layak. Itu merupakan salah satu contoh pengabdian orang tua kepada anak-anaknya.

D. Pengertian Pengorbanan

Pengorbanan berasal dari kata korban yaitu persembahan, sehingga pengorbanan berarti pemberian untuk menyatakan kebaktian. dengan demikian pegorbanan yang bersifat kebaktian itu mengandung unsur keikhlasan yant tidak mengandung pamrih. Suatu pemngberian yang didasarkan atas kesadaran moral yang tulus ikhlas semata-mata.

E. Macam-macam Pengorbanan

1. Pengorbanan terhadap masyrakat
2. Pengorbanan terhadap diri sendiri dan keluarga
3. Pengorbanan apa yang telah kita miliki dan bisa kita pertanggung jawabkan
F. Akibat dari Pengorbanan
Kita akan merasa kecewa sedih dan apapun itu jika kita harus rela kehilangan cinta ataupun barang yang kita miliki.

G. Contoh Pengorbanan dalam kehidupan sehari-hari

Pengorbanan kita untuk kekasih yang kita sayang , kita bakalan rela berkorban dalam bentuk postif bukan negatif . Seperti positif “ jika orang yang kita sayang menyuruh kita untuk tidak merokok , ya kita jangan merokok , karena kata kekasih kita benar , merokok banyak penyakitnya , pasti berat kalau memang sudah kecanduan , tetapi kita bisa koq , apalagi kalau kita sayang dengan kekasih kita pasti kita bisa berkorban buat dia “.
Sumber:
http://myblogar.blogspot.com/2012/04/manusia-dan-tanggung-jawab.html


Reactions:

0 comments:

Poskan Komentar