BLOG

BLOG

Senin, Januari 26, 2015

Batman Suit Dari Masa Ke Masa

Batsuit yang baru terlihat lebih simple namun terkesan lebih gagah.


Siapa yang lagi nunggu film Batman v Superman: Dawn of Justice ? Pasti kamu kamu semua pada gak sabar banget yah nonton seri terbaru dari DC ini. Seri terbaru dari si penjaga Gotham City ini akan hadir di bioskop pada 25 Maret 2016 mendatang, masih lama yah. Hmmmmm. Film ini memang masih digarap hingga sekarang dan beberapa waktu lalu DC Entertainment merilis kostum resmi batman yang akan dikenakan pada film Batman v Superman: Dawn of Justice.

Batman sendiri pertama kali muncul di serial televisi hitam putih tahun 1943 yang diperankan oleh Lewis Wilson, lalu pada tahun 1949 digantikan oleh Robert Lowery. Pada awal kemunculannya, kostum Batman sangatlah simple, ya jelas yah karena tahun segitu teknologi belum terlalu berpengaruh, layarnya juga masih hitam putih.


Kostum Batman pun terus mengalami perubahan seiring perkembangan teknologi. Terhitung dari tahun 1943 hingga sekarang, Batman adalah salah satu superhero yang sangat diminati masyarakat, film-filmnya selalu ditunggu oleh penggemarnya. Nah sambil nunggu filmnya, mari kita lihat perubahan kostum Batman dari masa ke masa, cekidot:

1. Batman Serial TV (1966)


Setelah serial tv dalam layar hitam putih, tahun 1966 Batman kembali lagi ke layar televisi namun dengan warna yang sudah tidak hitam putih lagi. Serial ini pertama kali mengudara tanggal 12 Januari 1966 di channel ABC. Adam West dipercaya untuk memerankan karakter Bruce Wayne menggantikan aktor sebelumnya. Dari segi kostum, pada serial tv ini masih mengikuti bentuk kostum pada komiknya, dengan baju abu-abu dan ikat pinggang kuning serta sayap dan topeng hitam ciri utama batman. Namun karena jadul jadi kostumnya terlihat ketinggalan jaman banget, yaiyalah.  Dan salah satu yang bikin lucu adalah bagian runcing di kuping pada topengnya yang terkesan terlalu pendek dan membuat Batman terlihat lucu dan jauh dari kesan garang. Secara keseluruhan serial TV Batman dibuat dalam tiga musim dari 1943 hingga berakhir pada tahun 1968. 

2. Batman Layar Lebar (1989 & 1992)


Setelah 20 tahun berlalu, akhirnya Batman kembali lagi dalam versi layar lebar. Dimana Michael Keaton dipercaya memerankan Bruce Wayne. Tim Burton, sang sutradara beserta tim pun merombak abis kostum Batman dari serial tv sebelumnya dan hadirlah sosok Batman yang terlihat garang dan lebih gagah dari sebelumnya. Kesan dark pun dihadirkan pada sosok sang penjaga Gotham City ini, dengan warna dominan hitam dan menampilkan efek tonjolan-tonjolan otot yang membuatnya terlihat lebih gagah. Dari topeng pun dirubah menjadi lebih keren dari pada sebelumnya. Michael Keaton sendiri bermain dalam dua film Batman, yaitu BATMAN tahun 1989 dan Batman Returns pada tahun 1992.

3. Batman Forever (1995)


Pada Batman Forever, Tim Burton tak lagi menduduki kursi sutradara, posisinya digantikan oleh Joel Schumacher. Sementara untuk sang pemeran utama pun digantikan dengan aktor Val Kilmer. Untuk kostumnya sebenarnya tak terlalu jauh berbeda dari film Batman sebelumnya. Yang membuatnya berbeda hanya pada bagian ikat pinggang yang semula berwarna kuning, kini berubah menjadi hitam. Tapi jika dilihat lagi, kostum Batman Forever ini terlihat lebih dark dengan kesan lebih gothic dibanding film sebelumnya.

4. Batman and Robin (1997)


Selanjutnya di tahun 1997, Warner Bross kembali menghadirkan sosok misterius Batman dalam film Batman and Robin. George Clooney hadir mengantikan aktor sebelumnya untuk peran Bruce Wayne. Jika pada film sebelumnya masih ada warna kuning pada Batlogo di dada, kali ini semua warna pada kostum Batman berwarna hitam, termasuk Batlogo pada bagian dada dan bagian ikat pinggang. Menambah kesan gelap dan terlihat semakin misterius yah. 

5. The Dark Knight Trilogy (2005, 2008, 2012)


Pada tahun 2005, Batman hadir lagi dalam film bertajuk The Dark Knight yang dibuat trilogy. Di bangku sutradara diisi oleh Christopher Nolan sementara untuk peran Batman diperankan oleh aktor Christian Bale. Dimulai dari Batman Begins pada tahun 2005, disusul oleh The Dark Knight tahun 2008 dan ditutup oleh The Dark Knight Rises tahun 2012. Kali ini Batsuit hadir dengan kesan yang lebih ringan dan elastis. Ini dilakukan guna memuat sang The Dark Knight lebih luwes dalam bergerak. Dari segi warna masih didominasi warna hitam, namun untuk bagian ikat pinggang kembali menggunakan warna kuning yang terlihat lebih gold dengan Batlogo dibagian tengah. Sementara untuk Batlogo pada bagian dada terlihat lebih lebar menutupi hampir sebagian daerah dada sang superhero. Dan untuk bagian topeng terlihat lebih kokoh dengan menampilkan kesan bentuk tulang pipi.

6. Batman V Superman: Dawn of Justice (2016)


Dan ini lah film yang hingga kini masih dalam proses pembuatan, Dawn of Justice. Film yang akan menghadirkan Superman dan Batman ini memang merupakan salah satu yang paling ditunggu-tunggu. Kali ini Bruce Wayne diperankan oleh sang Daredevil, Ben Affleck. Dari foto yang diupload DC Entertainment, Batsuit yang akan dipakai Affleck terlihat lebih sederhana dibanding film-film sebelumnya. Tidak ada efek futuristik seperti terdahulunya. Meski begitu, Batsuit kali ini terlihat lebih kokoh dan tangguh karena terlihat lebih menampilkan tubuh atletis sang aktor. Secara keseluruhan memang masih dominan dengan warna hitam, namun untuk bagian baju terlihat lebih ke abu-abu seperti kostum awal kemunculan Batman, namun jelas terlihat lebih modern dan lebih gagah. Bagian Batlogo pada dada terlihat lebih besar menutupi hampir semua bagian dada sang superhero.

Secara keseluruhan Batsuit memang terus memberikan inovasi-inovasi terbaru yah, kostumnya terus mengalami perubahan yang lebih baik dari masa ke masa seiring perkembangan teknologi yang terus menanjak. Jadi semakin tidak sabar untuk melihat Batsuit pada film Batman v Superman: Dawn of Justice kan. Jadi menurut kalian, Batsuit mana yang paling baik ?

0 comments:

Posting Komentar