BLOG

BLOG

Senin, September 21, 2015

7 Universitas dengan Bangunan Terindah di Dunia

Sudah bukan rahasia lagi bahwa perguruan-perguruan tinggi yang berada di luar negri punya kualitas yang sangat baik secara akademik maupun non-akademik. Mungkin nama yang paling terkenal dan paling umum disebut adalah Harvard atau Oxford. Namun tak hanya baik secara akademik maupun non, kampus-kampus bergengsi ini juga punya arsitektur bangunan yang bisa dibilang luar biasa indah. Bahkan fasilitas-fasilitas yang disediakan pun adalah fasilitas kelas wahid. Keindahan bangunan kampus ini bahkan dapat menjadi magnet tersendiri bagi para turis yang penasaran dengan keindahan bangunan kampus.

Sebenarnya ada banyak banget universitas yang memiliki keindahan bangunan yang luar biasa. Selain Harvard dan Oxford, disini saya akan mencoba merangkumnya menjadi 7 Universitas dengan Bangunan Terindah di Dunia:

1. Harvard University, US


Harvard merupakan kampus yang didirikan tahun 1636 yang dikenal sebagai kampus tertua dan terbaik di Amerika. Sebut saja pencetus liberalisme, John Adams, para deretan presiden US seperti John F. Kennedy, Theodore Roosevelt hingga Barack Obama, kemudian Bill Gates sang pendiri Microsoft serta para artis seperti Natalie Portman hingga Matt Damon merupakan sedikit dari orang terkenal yang merupakan alumni kampus ini. Selain menjadi kampus terbaik, Harvard juga memiliki bangunan kampus yang terkenal keren, klasik namun tetap terlihat indah.



2. University of Oxford, UK


Oxford pertama kali didirikan tahun 1096, menjadikannya universitas tertua kedua di dunia dan pertama di dunia barat. Kampus ini juga memiliki alumni yang hebat seperti Margaret Tatcher, Indira Gandhi hingga Albert Einstein. Oxford juga terkenal memiliki bangunan yang indah dengan mempertahankan gaya zaman Victoria. Keindahan bangunan Oxford menjadi magnet sendiri bagi para wisatawan asing yang ingin mengambil tur singkat untuk mengagumi keindahan kampus ini.



3. University of Glasgow, Skotlandia


Universitas Glasgow didirikan tahun 1451 di Glasgow, Skotlandia. Kampus ini tercatat sebagai salah satu kampus kuno di Skotlandia, bahkan kampus berbahasa inggris tertua keempat di dunia. Bangunan kampus ini semakin melengkapi ketenaran kampus ini. Ya kampus ini memiliki arsitektur bangunan yang sangat elegan. Lucunya kampus ini memiliki bangunan yang sangat mirip dengan sekolah sihir Hogwarts di film Harry Potter.



4. Nanyang Technological University, Singapura


NTU begitu sebutan kampus ini sebenarnya telah didirikan tahun 1981, namun baru diresmikan menjadi NTU tahun 1991. Kampus ini bisa dibilang menjadi salah satu kampus bergengsi di Asia. NTU memiliki fokus pada jurusan teknik, tak ayal bahwa kampus ini memiliki alumni terbaik di bidang teknik. Dari gambar diatas sudah bisa terlihat bahwa kampus ini memiliki bangunan yang sangat unik dan indah. Kampus ini memasang tema rumput bahkan dibagian atapnya. Sangat indah dan unik.



5. Royal Holloway, University of London, UK


Royal Holloway adalah kampus yang didirikan tahun 1879 dengan dana yang dikeluarkan oleh Thomas Holloway. Kampus ini dulunya hanya dikhususkan untuk mahasiswi wanita saja, kemudian di tahun 1945 kampus baru resmi memperkenalkan mahasiswa laki-laki. Bagian terkenal dari kampus ini adalah Founder's Building yang terinspirasi oleh Chateau de Chambor di Perancis. Kampus ini memiliki bangunan yang super indah, liat saja bagunan ini lebih mirip kastil dengan arsitektur gaya khas inggris kuno.



6. United States Air Force Academy, US


Air Force Academy merupakan sekolah penerbangan paling bergengsi di Amerika Serikat. Kampus ini memiliki gedung utama yang sangat unik. Gedung utamanya memiliki atap yang mirip dengan sayap kapal terbang. Jika menjelang petang, kampus ini menghadirkan pemandangan yang sangat indah ditambah dengan latar belakang awan ungu yang menambah keindahan kampus. Namun, Air Force Academy nyatanya tak banyak merekrut mahasiswa tiap tahunnya.



7. University of Virginia, US


Universitas Virginia didesain oleh Thomas Jefferson, presiden ketiga Amerika Serikat. Kampus ini disebut-sebut sebagai kampus dengan konsep arsitektur paling keren di Amerika Serikat. Terletak di kawasan Charlottesville, Virginia, Amerika Serikat, kampus ini identik dengan warna orange. Saat ini kampus ini terdiri dari sekitar 20.000 orang termasuk S1 dan S2.


1 comments: