BLOG

BLOG

Senin, Desember 01, 2014

Daftar Pemain Sepakbola Eropa Beragama Muslim

Mereka mengaku, Islam membuat permainan mereka di lapangan lebih stabil.


Eropa adalah benua sepakbola terbesar di dunia. Sebut saja Serie A, Premier League, Bundesliga, League 1, La Liga adalah sederet liga-liga Eropa yang tersohor dengan pemain-pemain kelas dunia. Namun ternyata tidak sedikit pemain-pemain hebat tersebut menganut agama muslim. Kalian pasti pernah dong melihat bagaimana Mesut Ozil selalu terlihat berdoa sebelum bertanding ? Atau pernah melihat selebrasi sujud Demba Ba seusai membuat gol ? Kagum ?

Memang di Eropa masih relatif sedikit pemeluk agama Islam, namun bukan berarti mereka tidak bisa mempertahankan keyakinan yang mereka anut. Justru beberapa pemain beragama muslim beranggapan bahwa agama mereka lah yang membantu mereka tampil stabil dengan emosi dilapangan yang senantiasa terjaga. Banyak pesepakbola muslim yang konsisten dengan Islam mengaku menemukan ketenangan dalam hidup, sumber kekuatan dan kedamaian dalam Islam. Dan ini dia daftar pemain-pemain kelas dunia yang bermain di kancah Eropa penganut agama muslim:

1. Samir Nasri


Gelandang milik Manchester City ini mengaku sudah menganut agama Islam dari kecil. Bahkan dalam sebuah wawancaranya, pemain asal Prancis ini pernah mengucapkan kalimat Takbir di depan kamera saat Manchester City memastikan diri Juara Liga tahun 2012. Nasri mengucapkan "Allahu Akbar" sebagai tanda syukurnya kepada Allah SWT atas trofi yang diraih Manchester biru. Tidak hanya itu, selebrasinya yang unik dan masih dikenang hingga kini, saat Nasri berhasil mencetak gol dan saat melakukan selebrasi, ia membuka bagian depan jersey nya. Disitu ia terlihat mengenakkan kaos dengan tulisan "Eid Mubarak", yang memang pada saat itu umat muslim sedang merayakan hari raya Idul Fitri. Tak heran bahwa umat muslim diseluruh dunia bangga dengan apa yang dilakukan Nasri saat itu.

2. Yaya dan Kolo Toure


Toure bersaudara ini adalah kakak beradik penganut agama muslim yang bermain di daratan liga inggris, Yaya dan Kolo Toure. Kolo Toure yang saat ini bermain untuk klub Liverpool bahkan mengaku bahwa sebagai seorang muslim ia harus meghormati orang lain dan kesuksesan yang ia raih tidak lain berkat doanya kepada Allah SWT. Sang adik, Yaya Toure juga beragama muslim dan mengatakan bahwa ia sangat menghormati perbedaan keyakinan yang ada di lingkungannya. Bahkan sebuah kabar menyebutkan bahwa Kolo Toure sempat menjadi guru ngaji di daerah London, saat ia masih menjadi bagian dari klub inggris asal kota london, Arsenal.

3. Franck Ribery


Franck Ribery memang bukan pemeluk agama Islam sejak lahir, namun sejak ia menikah dengan wanita asal Maroko, Ribery pun memutuskan untuk menjadi seorang muallaf. Bahkan pemain kepunyaan Bayern Munchen ini telah mengganti namanya menjadi Franck Bilal Ribery. Ribery mengaku bahwa Islam membawanya pada keselamatan, sumber kekuatan, baik dilapangan maupun diluar lapangan. Bahkan saking taatnya, saat Munchen merayakan kemenangan piala bundesliga 2013 lalu, Boateng, salah satu rekan setim Ribery menyiramnya dengan bir, setelah kejadian itu, Ribery dikabarkan marah besar terhadap Boateng. Ribery merasa kecewa karena Boateng tau ia adalah seorang muslim yang sudah tidak lagi mengkonsumsi alkohol. Selain itu Ribery juga adalah muslim yang taat solat 5 waktu.

4. Nicolas Anelka


Nicolas Anelka juga merupakan seorang muallaf, dan memiliki nama Islam Abdul-Salam Bilal. Anelka resmi menjadi muallaf saat ia bermain di klub Fenerbache, Turki. Mantan pemain Chelsea ini berujar bahwa Islam memberinya sumber kekuatan. Bahkan ditengah karirnya yang berat, ia menetapkan hati untuk menemukan kedamaian dan disitulah Anelka bertemu dengan Islam. Anelka bahkan sanggup menjalani puasa sebulan full saat bulan Ramadhan walaupun ditengah-tengah lingkungannya dan ditengah-tengah kompetisi yang ia jalani.

5. Ibrahim Affelay


Ibrahim Affelay adalah seorang gelandang asal negara Belanda yang beragama muslim.  Keluarganya berasal dari Maroko.Terlahir sebagai seorang muslim, ia bahkan pernah dinobatkan sebagai  'Moslim van het jaar' atau yang berarti 'Muslim yang Tauladan di Belanda'. Dan sekarang Affelay bermain untuk klub jerman, Schalke 04 dengan status sebagai pemain pinjaman dari Barcelona. Affelay juga merupakan seorang muslim yang taat, ia dikabarkan tak pernah meninggalkan solat 5 waktu sesuai dengan ajaran Islam.

6. Mesut Ozil


Mungkin dari daftar ini, Ozil lah yang paling anda tau pesepakbola pemeluk agama Islam. Sudah tidak diragukan lagi bahwa pemain Arsenal ini merupakan keturunan Turki yang saat ini membela timnas Jerman. Sebelum bertanding, Ozil selalu meminta kepada teman-teman setimnya untuk tidak mengajaknya berbicara karena Ozil selalu berdoa sebelum pertandingan dimulai. Ozil juga kerap kali menulis di akun facebook atau twitternya untuk sekedar mengucapkan hari-hari besar untuk umat muslim, seperti Idul Adha atau Idul Fitri. Bahkan disalah satu kicauannya di twitter saat tanggal 14 february, Ozil menulis bahwa ia tak merayakan hari valentine karena ia seorang muslim dan hanya percaya kepada Allah SWT.

7. Karim Benzema


Karim Mostafa Benzema adalah seorang muslim keturunan Ajazair dari garis ayah dan ibunya. Kakeknya memutuskan pindah ke Lyon tahun 1950-an. Benzema adalah anak ketiga termuda dari delapan bersaudara yang tinggal di wilayah timur Lyon. Dan dua adik laki-lakinya adalah seorang pemain sepakbola seperti dirinya. Pemain Real Madrid ini adalah muslim yang taat, bahkan ia menolak untuk mengkonsumsi minuman beralkohol yang dilarang islam.

8. Demba Ba


Demba Ba merupakan seorang pemain sepakbola kelahiran Perancis, berkebangsaan Senegal yang bermain sebagai penyerang atau striker. Pemain yang sekarang membela klub Turki, Besiktas ini adalah salah satu seorang muslim yang taat, bahkan ia selalu melakukan puasa saat bulan Ramadhan tiba. Tak sedikit celotehannya di media sosial yang terkesan religius. Demba Ba juga sering mengucapkan selamat hari raya muslim di akun twitter miliknya. Saat sempat bermain di Newcastle, Ba bersama rekan setimya Pappis Cisse, sering melakukan selebrasi sujud bersama. Kebasaan ini juga sempat ia lakukan saat membela Chelsea sampai saat ini di Besiktas.

9. Edin Dzeko


Edin Dzeko adalah pemain berkebangsaan Bosnia yang saat ini bermain untuk tim Manchester City sebagai seorang striker. Lahir di Sarajevo, Bosnia-Herzegovina, menguasai cukup banyak bahasa, setidaknya Dzeko fasih berbicara dalam empat bahasa, bahasa bosnia, bahasa ceska, bahasa jerman (karena sempat bermain di Vfl Wolfsburg), dan bahasa inggris tentunya. Pemain kelahiran 1986 ini adalah seorang muslim. Dapat terlihat jika kalian melihatnya pemanasan sebelum bertanding, Dzeko pasti menyempatkan diri untuk berdoa untuk mendapatkan permainan yang maksimal, baik itu bersama klubnya yang lama Vfl Wolfsburg, maupun klubnya yang sekarang Manchester City dan timnas Bosnia.

10. Xherdan Shaqiri


Namanya semakin melejit saat ia memutuskan untuk pindah ke Bayern Munchen dari FC Basel, Xherdan Shaqiri. Pemain kelahiran Kosovo 10 oktober 1991 ini memutuskan untuk membela timnas Swiss. Walaupun usianya masih muda, namun ia sudah mendapat tempat reguler di timnas maupun klubnya. Shaqiri juga adalah seorang muslim. Ketika sedang membela Swiss, Shaqiri sempat tertangkap kamera sedang berdoa sebelum wasit meniup pluit, ritual menengadahkan kedua tangan keatas dan dilanjutkan mengusap muka sebagai tanda mengakhiri doa tak pernah ia lupakan. Kebiasaan ini juga ia lakukan saat ia masih merumput bersama Basel. Ia berujar bahwa kebiasaannya berdoa sebelum bertanding agar ia dapat menampilkan performa terbaiknya dilapangan. Bahkan saat Idul Fitri pun, Shaqiri mengucapkan selamat hari raya di akun facebook pribadinya.

Itu dia tadi beberapa pemain sepakbola Eropa yang memilih agama muslim sebagai keyakinannya. Ditengah hiruk pikuk benua Eropa, mereka masih yakin dengan agama yang mereka anut. Apa yang mereka lakukan dilapangan seperti berdoa maupun bersujud merupakan bukti bahwa apapun kegiatan yang kita lakukan seperti bertanding sepakbola contohnya, hendaknya berikan sedikit waktu untuk beroa atau mengucap syukur terima kasih kepada Allah SWT. Tak sedikit loh dari mereka yang berujar bahwa karena berdoa kepada Allah SWT sebelum bertandinglah salah satu alasan dibalik kesuksesan mereka dilapangan. Tuuuh. Sebenarnya masih banyak pemain muslim lainnya, mungkin saya akan bahas di lain waktu.

Terima kasih sudah membaca.

0 comments:

Posting Komentar