BLOG

BLOG

Kamis, November 27, 2014

Logo Chelsea FC Dari Masa Ke Masa

Logo Si Biru London.


Pasti kalian sering melihat seorang pemain sepakbola mencium logo atau memegang logo pada jersey mereka seusai pertandingan atau setelah mereka mencetak gol sebagai tanda selebrasi. Ya mungkin itu adalah salah satu bukti bahwa mereka mencintai dan respect terhadap klub yang mereka bela. Seperti apa yang dilakukan kapten kita, John Terry untuk Chelsea berikut: 


Iyaps, logo memang menjadi hal yang sangat penting bagi sebuah klub, itu mengapa banyak pemain yang melakukan hal seperti itu. Logo merupakan  salah satu ciri utama dan identitas diri dari sebuah klub sepakbola. Logo yang dibuat sebuah klub juga tidak asal, seperti ada maksud, arti tertentu atau bisa jadi ada hubungannya dengan sejarah klub. 

Nah buat kamu yang mungkin taunya logo klub sepakbola ya seperti yang kamu lihat sekarang, kamu salah besar. Wrong. Totally Wrong. Kenyataannya adalah logo klub yang kalian lihat sekarang, tidak melulu seperti itu dari dulu.  Jauuuuuuuuuuuuuh sebelum kalian lahir, klub-klub sepakbola yang lahir duluan ini sudah memiliki logo, dan bukan seperti yang kalian lihat sekarang.

Contohnya adalah Chelsea Football Club. Klub asal Inggris ini memang sudah beberapa kali mengalami perubahan dalam hal logo. Total ada 5 perubahan logo sampai saat ini. Detail logo Chelsea dari masa ke masa adalah sebagai berikut:

1. 1905

Ini adalah logo pertama Chelsea. Tahun 1905 adalah tahun kelahiran untuk Chelsea, tahun itu juga Chelsea mengeluarkan logo ini sebagai identitas klub. Pada logo tersebut, terdapat gambar kakek tua berjenggot panjang. Dan ternyata logo tersebut terinspirasi dari salah satu Pensiunan Chelsea yang sangat terkenal. Hingga akhirnya muncul julukan pertama untuk Chelsea, The Pensioner. Namun sayangnya logo ini tidak pernah dipakai pada jersey Chelsea saat itu. Mungkin jaman itu tukang jahit blom jago-jago amat.

2. 1952


Logo ini ada setelah Chelsea mendapat manajer baru, Ted Drake tahun 1952. Nah si Ted ini mungkin risih sama julukan The Pensioner, jadi dia ingin mengganti imej Chelsea dengan mengganti julukan yang lebih keren namun masih ada hubungannya dengan klub. Lalu dibuatlah logo ini yang didalamnya terdapat gambar dengan inisial Chelsea yaitu CFC (Chelsea Football Club). Dengan hadirnya logo ini, muncul deh istilah The Blues (biru) yang masih menempel pada imej Chelsea hingga detik ini.

3. 1953


Mungkin ini adalah salah satu logo terlama, ada dari 1953 sampai 1986, 33 tahun gaees. Logo ini terinspirasi dari mantel sipil senjata dari Metropolitan Borough Chelsea. Di logo ini terdapat gambar singa yang berasal dari Arms of Earl Cadogan, lalu bunga mawar yang melambangkan Inggris, dan bola yang berarti permainan. Logo ini memang sudah ada dari tahun 1953, namun baru dipakai di jersey pada tahun 1960, dan menjadi logo pertama Chelsea yang dicantumkan pada jersey. Logo ini sebenarnya gak jauh beda yah dari logo Chelsea yang sekarang, masih ada gambar singa megang tongkat, bunga mawar, bola, tulisan nama klub dibagian bawah, dan bentuk logo lingkaran, walaupun yang ini emang terkesan masih jadul. 

4. 1986


Pada tahun 1986, Chelsea merubah kembali logonya dengan sentuhan baru. Pada logo ini masih terdapat singa dan tulisan CFC namun dibuat lebih simple. Beberapa kombinasi warna pernah digunakan pada logo ini dari waktu ke waktu, bahkan ada desain yang mengunakan pola lingkaran. Sebenarnya pergantian logo ini dilakukan sebagai gebrakan untuk meningkatkan penjualan tshirt dan merchandise lain. Logo ini digunakan hampir 19 tahun.

5. 2005


Nah ini dia logo yang kalian kenal saat ini. Logo ini pertama kali digunakan pada November 2005 dan masih digunakan hingga sekarang. Namun pada tahun 2005, terdapat tulisan 100 Years Centenary, sebagai peringatan hari jadi yang ke-100, tapi digunakan hanya satu tahun sebagai peringatan awal saja dan dihilangkan pada tahun 2006. Pada peluncuran logo ini, Peter Kenyon berkata: "Kami sangat bangga dengan warisan Chelsea dalam mendesain logo baru ini yang didasarkan pada salah satu logo pada tahun 1950. Saat ini kita mendekati perayaan 100 tahun, dan itu awal dari era klub yang baru. Ini adalah langkah yang tepat untuk kita memiliki identitas baru yang mencerminkan tradisi kita dan dapat mewakili klub untuk 100 tahun mendatang."

Nah itu tadi merupakan transformasi logo Chelsea dari tahun 1905 hingga sekarang. Klo menurut saya logo sekarang memang yang paling bagus karena terlihat lebih modern. Dan jujur salah satu alasan saya menyukai Chelsea yaaaa ..... karena logo klubnya bagus hehe.

0 comments:

Posting Komentar