BLOG

BLOG

Selasa, Juni 18, 2013

E-commerce: Pengertian, Sejarah, Jenis, Keunggulan dan Kelemahan serta contoh 'TokoBagus.com'

I. Pengertian E-Commerce

E-commerce adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik, dengan cara transfer dana elektronik. E-commerce juga merupakan bagian dari e-business, tetapi cakupan e-business lebih luas. E-commerce pertama kali diperkenalkan tahun 1994. Banyak jurnalis memperkirakan bahwa E-commerce akan menjadi sebuah sektor ekonomi baru yang kemungkinan nantinya akan berkembang pesat. 

II. Sejarah E-Commerce

Sejarah perkembangan E-commerce di dunia di mulai dari kemunculan internet yang kemudian terus berkembang sehingga timbulah E-commerce. Internet sendiri mulai lahir pada tahun 1969 kelompok peneliti Amerika berhubungan dengan empat komputer di UCLA, Stanford Research Institute, Universitas Utah, dan Universitas California di Santa Barbara. Mereka menciptakan sebuah jaringan untuk berkomunikasi antara satu dengan yang lain. Jaringan ini dikenal dengan istilah ARPAnet - ARPA yang merupakan bagian dari Departemen Keamanan AS. Seiring dengan perkembangan ARPAnet, yang diikuti pula dengan kerjasama jaringan antara kaum pendidik, dan eksperimen NASA mengenai jaringan komputer, jaringan ini mulai terhubungkan satu dengan yang lain interconnected, inilah awal mula dipakai istilah "Internet".
E-Commerce pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman website. Jurnalis banyak beranggapan bahwa e commerce akan menjadi sebuah sector ekonomi yang nantinya akan berkembang dengan pesat. Baru kurang lebih empat tahun protocol HTTPS memasuki tahap matang dan mulai banyak digunakan oleh masyarakat luas. Antara tahun 1998 dan tahun 2000 banyak pebisnis dari Negara AS dan Eropa mengembangkan situs web perdangan ini. Menurut Riset Forrester, perdagangan elektronik ini menghasilkan penjualan seharga $12,2 milyar pada tahun 2003.

III. Jenis-jenis E-Commerce

E-Commerce sendiri dibagi menjadi tiga tipe , yaitu:

1. Electronic Markets (EMs).
EMs adalah sebuah sarana yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk melakukan/menyajikan penawaran dalam sebuah segmen pasar, sehingga pembeli dapat membandingkan berbagai macam harga yang ditawarkan serta bertukar informasi tentang produk (barang) yang ditawarkan beserta daftar harganya.

2. Electronic Data Interchange (EDI).
EDI adalah sarana pertukaran data terstruktur dengan format standard yang telah disetujui oleh antar organisasi yang melakukan pertukaran yang dilakukan dari satu sistem komputer ke sistem komputer yang lain dengan menggunakan media elektronik. EDI sangat luas penggunaannya, biasanya digunakan oleh kelompok retail yang besar ketika melakukan bisnis dagang dengan para supplier mereka. 

3. Internet Commerce.
Internet commerce adalah penggunaan internet yang digunakan untuk bertukar informasi dan komunikasi untuk perdagangan. Kegiatan yang terdapat dalam internet commerce ini biasanya berupa iklan dalam penjualan produk dan jasa. Transaksi yang dapat dilakukan di internet antara lain pemesanan/pembelian barang dimana barang akan dikirim melalui pos atau sarana lain setelah uang ditransfer ke rekening penjual.

IV. Kelebihan dan Kekurangan E-Commerce

Kelebihan e commerce :
- Lebih efisien waktu, sebab dengan adanya e commerce pemesanan barang dapat melalui telephone atau situs internet dan dapat diantar.
Kekurangan e commerce :
- Tidak terlalu aman, sebab saat transaksi biasanya menggunakan kartu kredit atau no rekening, itu dapat memungkinkan sesuatu yang tidak diinginkan terjadi, karena kurang mengenalnya pembeli dengan si penjual. Oleh karena itu dibutuhkan sekali kecermatan dalam memilih situs e-commerce agar tidak mudah tertipu.

Contoh situs E-Commerce

Untuk mengambil contoh situs yang mengusung sistem belanja online atau Ecommerce, saya mengambil contoh situs belanja online yang sudah cukup terkenal di Indonesia, yaitu TokoBagus, untuk melihat situs TokoBagus bisa diklik disini: TokoBagus.com

Berikut tampilan situs TokoBagus.com:



































A. Sejarah TokoBagus

Situs ini hadir pada tahun 2005 dan merupakan pusat jual beli online terbesar di Indonesia yang dikunjungi oleh lebih dari 100.000 pengunjung setiap harinya. Tokobagus.com merupakan sebuah situs dimana perseorangan ataupun perusahaan dapat membeli dan menjual produk serta jasa secara online. Tokobagus.com adalah tempat untuk mencari barang baru atau bekas berkualitas seperti produk handphone murah, komputer, fashion, mobil bekas, motor, rumah dab properti, peralatan rumah tangga, aneka jasa, dan juga lowongan kerja.

B. Sistem Penjualan TokoBagus

Pasang iklan gratis adalah salah satu layanan yang disediakan oleh TokoBagus untuk para penjual. Dalam melakukan transaksi di TokoBagus, baik jual ataupun beli, juga tidak dikenakan biaya. Tidak hanya itu, TokoBagus juga dapat menjadi search engine yang friendly karena bukan hanya pengunjung situs yang dapat menemukan iklan yang dipublikasikan, tetapi juga orang-orang yang mencari produk dan jasa melalui search engine seperti Google juga akan menemukan iklan tersebut. TokoBagus memiliki slogan “Gratis! Mudah dan Cepat!”

C. Kelebihan dan Kekurangan TokoBagus

Kelebihan:
TokoBagus.com menyediakan berbagai pilihan barang dan jasa, baik baru maupun bekas, dan bermacam alternatif yang mencakup seluruh daerah di Indonesia. Selain itu, apabila ingin melakukan kontak dengan penjual yang memasang iklan di TokoBagus, tidak diharuskan untuk registrasi terlebih dahulu. Situs ini juga menyediakan tab spesifikasi produk atau jasa yang dibutuhkan, seperti merk, tipe, tahun maksimum dan minimun, serta harga maksimum dan minimum. Tokobagus juga tersedia dalam bentuk Mobile Version dan Official Application for Android. Tidak ada biaya untuk pemasangan iklan, kecuali apabila meminta layanan promosi tambahan (promo point)untuk iklan-iklan yang dipasangkan.

Kekurangan:
Kemungkinan terjadinya berbagai macam penipuan sangat besar karena penyediaan layanannya yang gratis dan terbuka untuk umum.

D. Grafik TokoBagus

Melihat grafik diatas bisa terlihat bahwa situs TokoBagus selalu mengalami kenaikan pengunjung setiap harinya. Pada grafik diatas terlihat pengunjung selama tahun 2012 sampai sekarang (juni 2013) terus mengalami kenaikan yang signifikan hanya terjadi penurunan pengunjung dibeberapa titik saja. 

Sedikit info, di tahun 2012 TokoBagus berhasil membawa beberapa penghargaan terbaik dalam situs e-commerce di berbagai kategori, seperti kategori layanan antarmuka terbarik, dan dari sisi strategi pemasaran terbaik. Perusahaan yang juga menjadi salah satu merk paling dicari kedua di Indonesia menurut versi Google. Pada tahun yang sama, TokoBagus ingin mengembangkan ekspansi bisnis untuk dapat melihat peluang baru dalam dunia online. Dari sisi rangking, TokoBagus menempati peringkat ke 891 secara global dan berada pada posisi ke 15 di Indonesia.

Sumber:

Reactions:

0 comments:

Poskan Komentar