BLOG

BLOG

Kamis, November 10, 2011

Keadilan di dalam sebuah negara!



Negara merupakan alat dari masyarakat yang mempunyai kekuasaan untuk mengatur hubungan manusia dalam masyarakat. Negara yang dimaksud disini adalah tempat tinggal, dimana terdapat sekumpulan masyarakat di dalamnya. Sekelompok masyarakat yang disebut dengan warga negara.

Warga negara, apa yang dimaksud dengan warga negara? Mungkin warga negara dapat diartikan sebagai kumpulan orang-orang yang membentuk suatu bagian dari suatu penduduk yang menjadi unsur sebuah negara. Sesuai dengan definisi yang telah dijelaskan tadi, bahwa warga negara terdiri dari banyaknya orang yang berkumpul dalam suatu bagian, itu berarti didalam banyaknya orang-orang tersebut terdapat banyak sekali perbedaan antara yang satu dengan yang lainnya. Contoh kecilnya saja ada si kulit hitam, ada si kulit putih, ada orang gemuk, ada orang kurus, ada mata sipit, ada mata belok dan lain-lain.

Di dalam sebuah negara, pasti akan ada pemimpin di dalamnya, pemimpin yang bertanggung jawab atas negaranya, orang yang dipercaya dapat membawa negaranya menuju lebih baik.  Sebagai seorang pemimpin jelas mereka memiliki tingkat kekuasaan tertinggi didalam suatu negara. Seorang pemimpin tak mungkin dapat bekerja tanpa sebuah bantuan, maka dibuatlah sistem pemerintahan, MPR, DPR untuk dapat membantu presiden menghadapi masalah di suatu negara. Sebagaimana seharusnya bahwa mereka harus bisa menghadapi masalah negara termasuk masalah warga negaranya, kemiskinan masyarakat yang terus meningkat. Kenapa mereka mesti membuat rencana pembangunan gedung MPR baru sementara masih banyak sekolah-sekolah yang butuh perbaikan? Bukankah gedung yang mereka punya sekarang masih layak untuk ditempati, coba bandingkan dengan sekolah di pelosok desa yang butuh perhatian lebih justru seakan tak terlihat. Seorang siswa rela menyebrangi jembatan hampir rubuh untuk dapat bersekolah, bahkan masih ada kegiatan belajar mengajar di dalam bangunan sekolah yang hampir rubuh, bahkan dalam keadaan banjir sekalipun. Apa mereka tau tentang ini semua? Pasti tau, yang jadi pertanyaan besar adalah "Kapan masalah seperti ini akan berakhir?"

Sebagai warga negara, kita selayaknya mengikuti aturan pemerintah. Karena negara kita ini negara hukum, semua memakai hukum yang telah disahkan. Berbicara soal hukum maka berbicara pula soal keadilan, sudahkah anda mendapatkan keadilan? Harusnya sudah TAPI ternyata dilapangan berkata lain, mengapa hukum maling ayam disamakan dengan hukum korupsi? UANG, siapa yang punya uang, merekalah yang berkuasa. Selogan ini cocok untuk persoalan hukum saat ini. Nyatanya tidak semua warga negara indonesia memiliki banyak uang bukan. Bila sudah seperti ini maka ketidakadilan warga negara masih merajalela, seharusnya setiap warga negara berhak atas setiap keadilan.

Kalau sudah seperti ini siapa yang mau disalahkan? Jawabannya tidak ada pihak yang mau disalahkan tentunya. Kesadaran diri sendiri perlu, warga negara harus tetap mengikuti apa-apa saja yang telah ditetapkan namun sebagai pemimpin yang baik, seharusnya anda semua bisa lebih memikirkan nasip masyarakatnya ketimbang hanya memikirkan kekuasaan. 

Here i was born.........
Here i ve grown up......
Here i learn everything.
Here i met friend.......
Here i belong...........
Proud to be an INDONESIA

Reactions:

0 comments:

Poskan Komentar