BLOG

BLOG

Rabu, Oktober 26, 2011

Individuals, families and communities...




Seperti sudah di ketahui individu ialah sebutan yang dapat digunakan untuk menyatakan suatu kesatuan yang paling kecil dan terbatas. Manusia sebagai makhluk individu, dalam perkembangannya setiap individu mengalami dan dibebankan berbagai peranan, yang berasal dari kondisi kebersamaan hidup dengan sesama manusia. Tak jarang sering terjadi konflik antar individu, seperti perbedaan prinsip satu dengan yang lain, masalah sepele bisa diperbesar karena keegoisan masing-masing individu. Kenapa bisa demikian?
Setiap individu pasti memiliki sifat dan karakter yang berbeda, tak jarang perbedaan dapat membuat segalanya mudah dan tak jarang pula perbedaan dapat membuat segalanya runyam. Perbedaan pendapat dalam sebuah diskusi, perbedaan adat, perbedaan agama dan lain-lain. 

Hubungan keluarga dan individu, keluarga merupakan suatu kelompok kecil di dalam masyarakat. Kelompok ini dalam hubungannya dengan perkembangan individu sering dikenal dengan sebutan primary group. Kelompok inilah yang melahirkan individu dengan berbagai macam bentuk kepribadiannya dalam masyarakat. Keluarga itu merupakan satu kesatuan orang-orang  yang berinteraksi dan saling berkomunikasi, yang memainkan peran suami dan istri, bapak dan ibu, anak laki-laki dan anak perempuan. Di dalam sebuah keluarga yang jelas terkait satu darah pun sering dapat menimbulkan konflik besar. Contohnya adalah broken home, apa itu broken home?
Broken home adalah sebuah istilah untuk sebuah keluarga yang menghadapi masalah dimana bapak dan ibu sudah tidak harmonis lagi bahkan dapat menimbulkan perceraian, disini berarti seorang anak tidak mendapatkan kasih sayang dari orang tuanya secara utuh. Sungguh miris dan kasian sekali jika itu terjadi pada keluarga kita bukan. Untuk itu sangat penting sekali komunikasi di setiap anggota keluarga, untuk dapat mempererat hubungan atara anggota keluarga yang satu dengan anggota keluarga lainnya, seperti orang tua pada anak atau sebaliknya, suami pada istri atau sebaliknya. 

Lalu apa hubungan masyarakat, individu dan keluarga. Di dalam sebuah masyarakat terdapat banyak keluarga, di dalam keluarga terdapat banyak individu, maka di dalam masyarakat terdapat amat banyak individu dengan karakter dan sifat yang berbeda pula. 
Kita harus hidup bermasyarakat, sudah sebuah keharusan bahwa kita harus hidup bermasyarakat. Karena kita tidak bisa hidup sendiri di dunia ini, bayangkan bila anda tidak memiliki teman bahkan tak mengenal seseorangpun di dunia ini, maka akan kepada siapa anda bertanya, meminta pertolongan, berkomunikasi?? Sungguh miris bukan. Mengerikan bila orang lain dengan asiknya bisa bermain dengan teman-teman mereka sementara anda hanya bisa mengurung sendirian di kamar. 

Maka jagalah hubungan anda dengan orang-orang di sekitar anda yang anda sayangi, tak selamanya anda bisa menemani mereka di dunia ini, so selagi bisa sayangi mereka jangan sia-sia kan mereka!


Keep your lovely, and protect them while you can!!



0 comments:

Posting Komentar