Nama Anggota:
- Fahmi Imannudin
- Gina Putri van Dian
- Shabrina Habi Syarafah
Kelas: 2IA22
Matkul : Pemrograman Berbasis Objek (PBO)
Jurusan / Fakultas: Teknik Informatika / Teknologi Industri
1. Program Menu
Contoh program Menu adalah Kosong.java. Pada Kosong.java ini terdapat menu yang berisi pilihan percabangan, perulangan dan array. Berikut listingnya:
Listing Program: Kosong.java
import java.io.*;
import javax.swing.*;
public class Kosong
{
public static void main(String[] args)
{
do
{
String menu=JOptionPane.showInputDialog(null,"KUMPULAN PROGRAM\n1. Perulangan\n2. Percabangan\n3. Array\n4. Keluar");
int pilih=Integer.parseInt(menu);
switch(pilih)
{
case 1:
int n;
int c=0;
String k=JOptionPane.showInputDialog("masukkan bilangan");
n= Integer.parseInt(k);
for(int i=1;i<=n;i++)
{
for(int j=i;j>=1;j--)
{
if(c!=n)
{
System.out.print(n+" ");
n--;
}
}
System.out.print("\n");
}
break;
case 2:
String tanggal1;
String Bulan1;
int tanggal;
int Bulan;
tanggal1 = JOptionPane.showInputDialog("inputkan Tanggal Lahir Anda : ");
tanggal = Integer.parseInt(tanggal1);
Bulan1 = JOptionPane.showInputDialog("Inputkan Bulan Lahir Anda :");
Bulan = Integer.parseInt(Bulan1);
if (tanggal >=21 && tanggal <=31 && Bulan ==1) {
JOptionPane.showMessageDialog(null,"Bintang Anda Aquarius"); }
else if (tanggal >=1 && tanggal <=19 && Bulan == 2) {
JOptionPane.showMessageDialog(null, "Bintang Anda adalah Aquarius"); }
else if (tanggal <=20 && tanggal <=29 && Bulan == 2) {
JOptionPane.showMessageDialog(null,"Bintang anda Adalah Pisces"); }
else if (tanggal >=1 && tanggal <=20 && Bulan == 3) {
JOptionPane.showMessageDialog(null, "Bintang Anda Adalah Pisces"); }
else if (tanggal >=21 && tanggal <=31 && Bulan == 3) {
JOptionPane.showMessageDialog(null, "Bintang Anda Adalah Aries"); }
else if (tanggal >=1 && tanggal <=20 && Bulan == 4) {
JOptionPane.showMessageDialog(null,"Bintang Anda Adalah Aries"); }
else if (tanggal >=21 && tanggal <=30 && Bulan == 4) {
JOptionPane.showMessageDialog(null, "Bintang Anda Adalah Taurus"); }
else if (tanggal >=1 && tanggal <=20 && Bulan == 5) {
JOptionPane.showMessageDialog(null, "Bintang Anda Adalah Taurus"); }
else if (tanggal >=21 && tanggal <=31 && Bulan == 5) {
JOptionPane.showMessageDialog(null, "Gemini"); }
else if (tanggal >=1 && tanggal <=20 && Bulan == 6) {
JOptionPane.showMessageDialog(null, "Bintang Anda Adalah Gemini"); }
else if (tanggal >=21 && tanggal <=30 && Bulan == 6) {
JOptionPane.showMessageDialog(null, "Bintang Anda Adalah Cancer"); }
else if (tanggal >=1 && tanggal <=22 && Bulan == 7) {
JOptionPane.showMessageDialog(null, "Bintang Anda Adalah Cancer"); }
else if (tanggal >=23 && tanggal <=31 && Bulan == 7) {
JOptionPane.showMessageDialog(null, "Bintang Anda adalah Leo"); }
else if (tanggal >=1 && tanggal <=22 && Bulan == 8) {
JOptionPane.showMessageDialog(null, "Bintang Anda Adalah Leo"); }
else if (tanggal >=23 && tanggal <=31 && Bulan == 8) {
JOptionPane.showMessageDialog(null, "Bintang Anda Adalah Virgo"); }
else if (tanggal >=1 && tanggal <=22 && Bulan == 9) {
JOptionPane.showMessageDialog(null, "Bintang Anda Adalah Virgo"); }
else if (tanggal >=23 && tanggal <=30 && Bulan == 9) {
JOptionPane.showMessageDialog(null, "Bintang Anda Adalah Libra"); }
else if (tanggal >=1 && tanggal <=22 && Bulan == 10) {
JOptionPane.showMessageDialog(null, "Bintang anda Adalah Libra"); }
else if (tanggal >=23 && tanggal <=31 && Bulan == 10) {
JOptionPane.showInternalMessageDialog(null, "Bintang Anda Adalah Scorpio"); }
else if (tanggal >=1 && tanggal <=22 && Bulan == 11) {
JOptionPane.showMessageDialog(null, "Bintang Anda Scorpio"); }
else if (tanggal >=23 && tanggal <=30 && Bulan == 11) {
JOptionPane.showInternalMessageDialog(null, "Bintang Anda Adalah Sagitarius"); }
else if (tanggal >=1 && tanggal <=22 && Bulan == 12) {
JOptionPane.showMessageDialog(null, "Bintang Anda Adalah Sagitarius"); }
else if (tanggal >=23 && tanggal <=31 && Bulan == 12) {
JOptionPane.showMessageDialog(null, "Bintang Anda Adalah Capicorn"); }
else if (tanggal >=1 && tanggal <=20 && Bulan == 1) {
JOptionPane.showMessageDialog(null, "Bintang Anda Adalah Capicorn"); }
else {
JOptionPane.showMessageDialog(null, "Data Yang Anda Masukkan Salah"); }
break;
case 3:
int i;
int [] a= new int[10];
int jum=0;
float rata;
for(i=0;i<=3;i++)
{
a[i]=Integer.parseInt(JOptionPane.showInputDialog("Masukan angka ="));
jum=a[i]+jum;
}
for(i=0;i<=3;i++)
{
System.out.println(a[i]);
}
rata=jum/i;
System.out.println(jum);
System.out.println(rata);
break;
case 4:
JOptionPane.showMessageDialog(null,"Sampai Jumpa Teman-teman");
System.exit(0);
break;
default :
JOptionPane.showMessageDialog(null,"Salah pencet Mas Dab");
}
}
while(true);
}
}
Output Program: Kosong.java
Jika Pilihan 1. Perulangan
maka akan muncul hasilnya seperti gambar dibawah ini:
Jika Pilihan 2. Percabangan
Jika Pilihan 3. Array
Anda akan diminta untuk memasukkan angka sesuai keinginan anda, disini saya misalkan memasukkan angka 6, 7, 8, 9 maka hasilnya seperti gambar dibawah ini:
Dan pilihan terakhir, Jika Pilihan 4. Keluar
2. Program Inheritance
Pada program inheritance, disini kami memberi contoh motor.java, motorku.java, dan motormu.java. Rincian listingnya sepeti gambar dibawah ini:
Listing Program
a. motor.java
import javax.swing.*;
class motor{
String merk="";
String kondisi;
// method
void NamaMerk(String NamaMerk) {
merk = merk+ NamaMerk;
}
void kondisi(String keadaan) {
kondisi = keadaan;
JOptionPane.showMessageDialog(null,"Merek Motor : "+merk +"\nKeadaan Motor : "+kondisi);
}
}
b. motorku.java
import javax.swing.*;
//kelas motorku turunan dr motor
class motorku extends motor {
int Cc = 0;
public void ubahCc(int pertambahanCc) {
Cc= Cc+ pertambahanCc;
JOptionPane.showMessageDialog(null,"Cc : " + Cc);
}
}
c. motormu.java
import javax.swing.*;
class motormu {
public static void main(String[] args) {
// Membuat object
motorku DataMotor = new motorku();
// Memanggil method di object
DataMotor.NamaMerk(JOptionPane.showInputDialog("Merek Motor"));
DataMotor.kondisi(JOptionPane.showInputDialog("Keadaan Motor"));
DataMotor.ubahCc(125);
}
}
Output Program
Running program: Pertama running untuk program motor.java kemudian motorku.java lalu terakhir motormu.java. Contoh seperti gambar dibawah ini:
Maka akan muncul frame seperti gambar dibawah ini:
Dan program percabangan, perulangan, array dan inheritance pun selesai dibuat.
Terima Kasih.
0 comments:
Posting Komentar